Cara Mudah Mengecilkan File JPG Tanpa Ribet

Posted on

KD – Cara Mudah Mengecilkan File JPG Tanpa Ribet,dalam kehidupan sehari-hari sering diperlukan. Dimana kita selalu diminta untuk mengupload file JPG atau JPEG untuk memenuhi persyaratan. Namun, kendala paling umum untuk mengunggah file adalah ukuran file yang terlalu besar. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengecilkan file JPG atau JPEG.

JPG atau JPEG dalam program komputer adalah jenis file gambar yang umum digunakan untuk berbagai keperluan situs web. Alasan untuk menggunakannya tidak lebih dari karena ukurannya lebih kecil dari jenis file yang berbeda. Namun, saat ini, yang membutuhkan gambar yang konsisten dan jelas, banyak file JPG berukuran jauh lebih besar.

Artikel ini akan memberikan penjelasan tentang cara mengecilkan file JPG atau JPEG, tentunya hal ini dapat dilakukan tanpa mengurangi kualitas file. Tidak hanya itu, artikel ini juga akan membahas salah satu alasan mengapa menggunakan file JPG kecil bisa sangat bermanfaat untuk pengembangan website.

cara mengecilkan file JPG

Karena kebutuhan seseorang yang tinggi untuk mengecilkan file JPG, metode penyusutan, atau hanya disebut file JPG terkompresi, membuat banyak dan beragam. Berikut enam cara mengompres atau mengompres foto dan gambar JPG, antara lain:

1. Cara memperkecil ukuran foto menggunakan iLoveIMG Online
2. Cara mengubah ukuran atau membuat bentuk foto baru menggunakan TinyJPG Online
3. Cara mengompres foto menggunakan Adobe Photoshop di komputer
4. Cara memperkecil ukuran foto di Microsoft Paint oleh Komputer
5. Cara memperkecil ukuran foto JPG menggunakan Photo & Picture Resizer via Android
6. Cara mengecilkan ukuran JPG menggunakan Kompres Foto dan Resize via Android

Untuk mengompres atau mengompres file JPG, berikut penjelasan masing-masing dari keenam metode tersebut. Di masa lalu, enam metode ini dapat digunakan dengan aman tanpa mengurangi distorsi foto atau gambar. Artikel ini mungkin bisa menjadi panduan untuk mengecilkan file JPG dengan tetap menjaga kualitas file JPG yang dihasilkan.

Cara memperkecil ukuran foto dan gambar di JPG Online

Cara memperkecil ukuran foto atau gambar menggunakan format file JPG atau JPEG dapat ditemukan secara online. Artinya, Anda tidak memerlukan aplikasi di laptop atau perangkat seluler selain browser web untuk memperkecil foto Anda. Oleh karena itu, cara ini adalah cara mengecilkan file JPG secara online.

Situs web lain yang dapat digunakan untuk mengekstrak file JPG dengan cepat dan mudah, seperti iLoveIMG dan TinyJPG. Selain itu, alat dan situs web sudah mendukung akses dari komputer ke perangkat seluler. C. Cara memperkecil ukuran foto di iLoveIMG
Sebagai aplikasi online yang digunakan untuk memperkecil ukuran file JPG, baik foto maupun gambar, iLoveIMG menyediakan layanan pada berbagai alat. Tidak hanya itu, iLoveIMG juga menawarkan alat untuk mengedit gambar dari kompresi ke ukuran.

Di bawah ini adalah petunjuk penggunaan aplikasi ini, terutama untuk mengompresi gambar atau mengecilkan file JPG, antara lain:

See also  Inilah Tips Agar Tidak Menjadi Beban Keluarga, Lakukan Cara Ini

1. Pada langkah pertama, pilih file yang ingin Anda kecilkan.

Anda dapat membuat perintah dengan mengklik tombol Select Images. Selain itu, ILoveIMG menyediakan layanan mewah untuk mengecilkan file atau gambar secara bersamaan.

Kemudian cukup masukkan instruksi untuk mengklik Kompres Gambar. File foto atau gambar yang ditentukan pada langkah pertama, ketika proses penyusutan file selesai, file secara otomatis diunduh dan disimpan secara otomatis ke komputer atau perangkat seluler Anda.

Kurangi ukuran foto menggunakan TinyJPG

Aplikasi yang menyediakan layanan untuk mengecilkan file JPG berukuran sangat besar, selain iLoveIMG, ada juga aplikasi TinyJPG. TinyJPG juga dapat digunakan sebagai cara alternatif untuk mengompres file JPG seperti foto dan gambar. TinyJPG tampaknya sangat sederhana, pengguna hanya perlu mengunggah file JPG yang ingin dikompres.

Nah berikut ini cara mengecilkan file JPG online menggunakan TinyJPG, diantaranya :

1. Pertama pilih file atau gambar yang ingin Anda unduh secara online. Masukkan perintah dengan mengklik “Jatuhkan File .png atau .jpg Anda Di Sini!” krite. Hampir seperti iLoveIMG, dengan TinyJPG Anda juga dapat mengecilkan lebih dari satu gambar dengan sekali klik di aplikasi ini.

2. Kemudian proses kompresi gambar akan dimulai secara otomatis, setelah selesai Anda dapat mengunduh gambar yang dikompresi dengan mengklik tombol unduh di sebelah kanan ikon kompresi. E. Cara memperkecil ukuran gambar JPG menggunakan aplikasi komputer

Ada banyak aplikasi komputer berbeda yang menyediakan fungsi untuk mengekstrak file JPG. Artikel ini akan mencoba membahas dua pilihan aplikasi komputer yang mungkin selalu tersedia di komputer Anda, yaitu Microsoft Paint dan Adobe Photoshop.

1. Microsoft Paint
Microsoft Paint adalah salah satu aplikasi standar pada perangkat Windows apa pun. Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows, Anda pasti bisa mengatasinya, karena aplikasi ini sangat sederhana. Selain itu, aplikasi ini juga bisa menjadi alternatif utama untuk mengecilkan file JPG selain aplikasi edit foto, khususnya Photoshop.

v. Untuk terlebih dahulu memotong file JPG atau foto atau gambar menggunakan Microsoft Paint, Anda harus mengklik ikon File >> Buka, lalu Anda dapat memilih file JPG mana yang ingin Anda potong.

b. Anda juga dapat memasukkan perintah klik dari tombol Resize pada kolom gambar.

C. Kemudian Anda perlu memperkecil ukuran file atau gambar sesuai kebutuhan. Setelah memasukkan ukuran file yang diinginkan, klik OK.

d. Terakhir, setelah melakukan langkah-langkah di atas. Anda dapat menyimpan file terkompresi dengan mengklik File >> Save As >> JPEG Image.

2. Adobe Photoshop

Selain Microsoft Paint sebagai aplikasi bawaan di sistem operasi Windows. Untuk mengecilkan file JPG, Anda bisa menggunakan Adobe Photoshop sebagai aplikasi edit foto terpopuler saat ini. Adobe Photoshop adalah salah satu aplikasi terkemuka untuk mengedit foto dan desain grafis. Namun, kebanyakan orang yang tidak terbiasa mengedit foto akan menganggap Adobe Photoshop sebagai alat yang rumit. Inilah mengapa aplikasi ini dianggap membingungkan ketika melakukan hal-hal sepele seperti memperkecil ukuran file JPG. Namun, Adobe Photoshop sebenarnya sangat mudah digunakan untuk mengecilkan file JPG.

See also  Berikut Ini Spesifikasi Serta Harga Hp Vivo Y33t Terbaru 2022

Sekarang kami akan menunjukkan cara mengompres foto sebagai file JPG menggunakan Adobe Photoshop, termasuk:

di. Pertama, buka Adobe Photoshop di komputer Anda. Untuk memperkecil file JPG, Anda dapat mengklik ikon File >> Open untuk memilih file foto atau gambar yang ingin Anda perkecil.

b. Anda juga dapat membuka kembali menu file. Namun kali ini, Anda harus mengeklik Ekspor >> Simpan untuk Web. Setelah memasukkan perintah, jendela pop-up akan muncul di Adobe Photoshop.

C. Kemudian, di jendela pop-up yang terbuka, beberapa pengaturan yang sangat rumit akan muncul, yang terlihat sangat rumit. Namun, ada tiga hal yang perlu diingat: Kualitas, Preset, dan Ukuran Gambar. Ketiga pengaturan ini terletak di sisi kanan jendela pop-up. d. Jika Anda berada di jendela pop-up, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa preset yang Anda gunakan adalah “JPG Medium” dengan kualitas sedang. Kemudian Anda dapat dengan bebas mengubah ukuran gambar dan dimensi gambar.

Dalam manual ini, kami telah mengurangi dimensi menjadi 1920 x 1282. Kemudian klik tombol Simpan dan simpan ke folder yang diinginkan.

Sebelum Anda menyimpan gambar yang ingin dikecilkan, Anda dapat melihat terlebih dahulu estimasi ukuran file yang akan disimpan. Untuk melihat estimasi ukuran file tersebut, dapat pada deskripsi file yang terletak di bagian kiri bawah dari pop-up window.

Sebagai catatan, panduan ini berdasarkan penggunaan pada Adobe Photoshop CC 2019. Sementara, pada versi Photoshop sebelum CC 2015, menu Save for Web dapat dengan mudah ditemukan karena terletak setelah klik pada menu File.

F. Cara Mengecilkan File JPG dengan Aplikasi Android
Setelah mengetahui cara untuk mengecilkan file JPG melalui aplikasi online dan aplikasi yang tersedia di komputer. Selanjutnya, kita akan membahas cara mengecilkan file JPG dengan menggunakan aplikasi android. Kita tahu sendiri, sekarang kebanyakan orang malas membawa komputer karena terlalu besar.

Oleh karena itu, dalam android juga banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran gambar atau foto. Sebenarnya, aplikasi untuk melakukan kompres file di android sangat melimpah, namun, artikel ini hanya akan membahas dua aplikasi yang paling banyak digunakan, yaitu Photo & Picture Resizer dan Photo Compress & Resize.

1. Pengubah Ukuran Foto & Gambar
Aplikasi pertama untuk mengekstrak file JPG di Android adalah Photo & Picture Resizer. Photo & Picture Resizer adalah aplikasi dengan fungsi utama untuk memperkecil ukuran file JPG dengan mudah.

Nah berikut ini cara mengecilkan file JPG menggunakan Photo & Picture Resizer, diantaranya :

v. Pertama, setelah Anda membuka aplikasi, Anda memiliki banyak pilihan

b. Selain enam opsi yang ditawarkan, Anda dapat memilih Foto dan membuka file gambar yang diinginkan di perangkat seluler Anda. Kemudian klik tombol Ubah Ukuran di bagian atas aplikasi untuk mengecilkan gambar.

C. Anda kemudian dapat memilih opsi untuk menyesuaikan dimensi gambar di pop-up yang tersedia. Gunakan opsi Custom Size untuk menentukan dimensi yang digunakan pada dua aplikasi sebelumnya, yaitu 1920 x 1282.

See also  Berikut Spesifikasi Serta Harga Lengkap Lenovo Legion 5 2022

d. Setelah Anda memilih dimensi yang diperlukan, file JPG akan secara otomatis dikonversi sebagai gambar yang disingkat dan disimpan ke perangkat Android Anda.

2. Kompres & Ubah Ukuran Foto
Seperti aplikasi Photo & Picture Resizer sebelumnya, aplikasi Android bernama Photo Compress & Resize ini dapat digunakan untuk memperkecil ukuran file JPG. Photo Compress & Resize memiliki fungsi yang lebih sederhana yaitu hanya untuk mengecilkan file JPG dan juga memotong file JPG.

Hanya saja, aplikasi ini memiliki dua istilah yang dapat membingungkan bagi beberapa penggunanya, yaitu compress dan resize. Oleh karena itu, untuk lebih memahami tool dalam aplikasi ini, berikut ini adalah cara mengecilkan file JPG dengan aplikasi android Photo Compress & Resize, di antaranya yaitu:

Pada dasarnya, kedua istilah tersebut memiliki arti yang sama. Perbedaan kedua istilah tersebut dapat dilihat pada perlakuan Anda terhadap dimensi gambar.

Ketika ingin mengecilkan ukuran terhadap sebuah file JPG, Anda hanya perlu melakukan pengurangan pada ukuran file tanpa mengurangi dimensi atau kualitas gambar tersebut. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan kualitas gambar yang dibuat dalam proses ini. Proses kompresi gambar dapat diulang beberapa kali, tetapi jika gambar menunjukkan beberapa distorsi, Anda harus menghentikannya.

Sementara mengubah ukuran berarti mengubah ukuran gambar, itu juga berarti mengubah ukuran file. Beberapa aplikasi yang memiliki fungsi untuk mengecilkan ukuran file JPG mungkin juga akan mengompresnya secara otomatis saat pengguna melakukan perubahan.

Photo Compress & Resize kini menawarkan dua opsi yang dapat Anda gunakan. Jika Anda ingin memilih opsi kompresi, Anda akan diminta untuk menentukan ukuran atau kualitas gambar terkompresi. Anda memasukkan ukuran file atau kualitas gambar yang diinginkan. Untuk memastikan dimensi gambar tidak berubah, Anda dapat memilih penggeser di sebelah kanan teks “Pertahankan Resolusi”. Kemudian pilih tombol Mulai Kompresi. File yang telah dimodifikasi menjadi lebih kecil akan disimpan langsung ke perangkat seluler Anda.

Opsi yang kedua adalah resize, resize dapat Anda gunakan untuk menentukan dimensi gambar dan melakukan proses kompresi secara bersamaan.

Kesimpulan

Artikel ini telah menjelaskan cara mengecilkan file JPG dengan aplikasi online, aplikasi di komputer, hingga aplikasi di android. Cara yang dibahas dari yang sangat mudah hingga cara yang paling kompleks. Setelah ini, Anda sudah bisa menggunakan foto tersebut untuk mengupload gambar tersebut ke situs yang anda inginkan tadi, karena gambar anda yang awalnya berukuran besar (diatas 1 MB) sekarang gambar tersebut sudah berukuran menjadi kecil (100 KB bisa lebih kecil dari ini)