Berikut 20 Contoh Soal Fisika Gerak Lurus & Jawaban

Posted on

Berikut ini ,Soal UN UAS dan UASBN LKS Materi Gerak Lurus (Fisika) Kurikulum 2013, beserta kunci Jawabannya, untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat,

Voli

1. Adi dan Niko berjanji bakal bertemu di taman kompleks guna bermain sepulang sekolah. Taman yang letaknya salah satu rumah mereka berjarak dua kali lebih dekat ke lokasi tinggal Niko. Jika Adi memerlukan waktu 1 jam dari rumahnya ke taman, maka perlu berapa lama guna Niko dari rumahnya ke taman andai kecepatan mereka sama?

Pembahasan:

Diketahui jarak lokasi tinggal Adi-taman ialah 2 kali jarak lokasi tinggal Niko-taman, maka bisa kia tuliskan:

sA = 2 sN

Jika kelajuan mereka sama (VA = VN), dan Adi memerlukan waktu (tA) 1 jam. Maka masa-masa yang mesti ditempuh Niko dari rumahnya sampai ke taman (tN) merupakan

sA = 2 sN

VA × tA = 2 × VN × tN

tA = 2 tN

tN = ½ tA = ½ × 1 jam = ½ jam atau 30 menit

2. Seorang pencuri berangkat dari rumahnya mengarah ke rumah Pak Danu guna merampok barang. Pada ketika yang sama, Pak Danu berangkat dari kantor untuk kembali ke rumahnya dan seringkali memakan masa-masa 1 jam. Jika kecepatan mobil Pak Danu ialah 7 kmjam dan kecepatan motor pencuri ialah 4kmjam, dengan jarak lokasi tinggal Pak Danu lebih dekat 3 km ke lokasi tinggal pencuri dibanding ke kantor. Maka siapa kira-kira yang bakallebih dahulu sampai? Diasumsikan lokasi* tinggal* Pak Danu berada salah satu* kantor dan lokasi* tinggal* pencuri.

Pembahasan:

Diketahui kecepatan mobil Pak Danu VD = 7 kmjam dengan masa-masa* tempuh tD = 1 jam. Maka saya dan anda bisa* menilai* jarak antara lokasi* tinggal* Pak Danu dengan kantornya merupakan** sebesar:

See also  Mengenai Enzim Renin - Selengkapnya Dijelaskan

sD = VD × tD = 7 × 1 = 7 km

Jarak lokasi* tinggal* pencuri-rumah Pak Danu lebih dekat 3 km daripada jarak lokasi* tinggal* Pak Danu-kantor. Sehingga jarak lokasi* tinggal* pencuri-rumah Pak Danu (sP) dapat anda* tentukan dengan:

sP = sD – 3 km = 7 km – 3 km = 4 km

Dengan jarak 4 km dan kelajuan motornya (VP) 4 km/jam, maka pencuri bisa* sampai di lokasi* tinggal* Pak Danu dalam waktu:

tP = sP:VP = 4:4 = 1 jam

Kita dapat benang merah* bahwa masa-masa* tempuh Pak Danu dan pencuri ternyata sama. Berarti, mereka bakal* sampai di lokasi* tinggal* Pak Danu secara bersamaan dan bertemu tepat sesudah* 1 jam perjalanan masing-masing. Akankah pencuri sukses* menjalankan niatnya??? Semoga saja tidak ya teman-teman