Inilah 4 Manfaat Dan Khasiat Konsumsi Daun Seledri untuk Ginjal

Posted on

kangdarus.com – Inilah 4 Manfaat Dan Khasiat Konsumsi Daun Seledri untuk Ginjal

Makan daun seledri memberikan empat manfaat ginjal ini. Seledri sering ditemukan dalam berbagai makanan, mulai dari bakso hingga jus. Dipercaya bahwa daun hijau ini memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk ginjal.

Apa saja manfaat daun seledri untuk ginjal?

peran daun seledri untuk kesehatan ginjal

Seledri (Apium graveolens) adalah sayuran asli Mediterania dan Timur Tengah.
Selama berabad-abad, daun seledri telah dikenal manfaatnya bagi kesehatan, seperti asam urat, pereda nyeri, penyakit ginjal. Bagaimana tidak, daun seledri mengandung berbagai vitamin dan esensial bagi tubuh, seperti antioksidan, vitamin C, zat besi, asam folat.

Berikut beberapa fungsi yang bisa Anda temukan pada daun seledri untuk menjaga bentuk ginjal.

1. Meningkatkan fungsi ginjal

Daun seledri telah lama dikenal sebagai sumber antioksidan sederhana. Antioksidan merupakan senyawa penting untuk melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Selain itu, diyakini bahwa zat ini membantu mencegah penyakit ginjal.

Pernyataan ini dikonfirmasi oleh penelitian dari New England Journal of Medicine.
Para peneliti di University of Alabama sedang mencoba untuk melihat efek antioksidan pada fungsi ginjal. 227 orang dewasa dengan penyakit ginjal kronis mengikuti penelitian.

Mereka diminta untuk menerima plasebo (obat kosong) dan methyl bardoxolone dan obat yang diresepkan selama 24 sampai 52 minggu. Hasilnya, suplementasi methyl bardoxolone dengan kandungan antioksidan ini meningkatkan fungsi ginjal hingga 30%.
Meskipun demikian, para ahli masih ingin meneliti apakah itu bisa menjadi pengobatan untuk penyakit ginjal kronis. Selain itu, peneliti belum secara langsung menguji persentase antioksidan dalam seledri untuk membuktikan manfaat tersebut.

2. Membantu mengontrol tekanan darah

Selain meningkatkan fungsi ginjal, kegunaan lain dari daun seledri membantu mengontrol tekanan darah yang baik untuk kesehatan ginjal. Soalnya, tekanan darah tinggi dan penyakit ginjal berkaitan erat. Hipertensi terjadi ketika tekanan darah terhadap pembuluh darah melebihi batas yang wajar.

See also  Inilah Olahan Pisang Terbaru Dan Santan Jadi Cemilan Seenak Ini

Tekanan darah tinggi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, terutama penyumbatan pada pembuluh darah. Jika tekanan darah tinggi, pembuluh darah di ginjal juga bisa rusak.

Akibatnya, bagian seperti kacang ini mungkin tidak bisa bekerja dengan baik, sehingga sulit membuang limbah dan kelebihan air dari tubuh. Nah, kadar ekstrak fitokimia (phthalide) dalam seledri bisa membantu menenangkan jaringan di dalam dinding.
Pada saat yang sama, sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan menurunkan tekanan darah Anda. Tak hanya itu, menjaga kesehatan ginjal harus dibarengi dengan pola makan yang sehat termasuk makanan gagal ginjal, seperti membatasi makanan kaya kalium.

Kadang-kadang Anda bisa mengganti sayuran berkalsium tinggi, seperti brokoli dan bayam, untuk seledri. Persentase garam dalam seledri kecil, sehingga Anda bisa memakannya saat ingin mengikuti diet rendah kalium dan garam.

3. Memiliki kandungan flavonoid yang baik untuk ginjal

Hal lain yang terdapat pada daun seledri adalah flavonoid, yaitu senyawa yang banyak terdapat pada sayuran, termasuk seledri.
Manfaat flavonoid dalam daun seledri untuk ginjal adalah membantu meningkatkan fungsi ginjal secara umum. Temuan ini dibahas dalam penelitian Frontiers in Physiology.

Studi menunjukkan bahwa flavonoid membantu melindungi ginjal dari berbagai agen nefrotoksik. Agen ini dikenal sebagai kombinasi yang dapat menyebabkan gagal ginjal kronis dan cedera serius akibat alkohol, nikotin, dan kadmium.

Senyawa yang juga terdapat pada apel dan sirsak juga efektif untuk mencegah penyakit ginjal akibat tekanan darah tinggi. Pasalnya, flavonoid dapat membantu menurunkan tekanan darah dan bereaksi dengan parenkim ginjal, jaringan yang menyusun ginjal.
Penelitian inilah yang membuatnya percaya bahwa daun seledri memiliki peran yang baik untuk ginjal Anda.