Inilah 6 Manfaat Dan Khasiat Kedondong untuk Kesehatan Tubuh

Posted on

kangdarus.com – Inilah 6 Manfaat Dan Khasiat Kedondong untuk Kesehatan Tubuh

6 manfaat kedondong untuk kesehatan. Di balik rasa asamnya yang khas, ternyata manfaat kedondong untuk kesehatan tidak sedikit. Buah yang sering disantap dalam bentuk lalapan, salad dan campuran es krim ini memiliki beragam nutrisi yang bisa menyehatkan tubuh.

6 manfaat kedondong untuk kesehatan

Kedondong adalah buah tropis yang hanya tumbuh di Asia Selatan dan Tenggara. Di Indonesia sendiri, buah kedondong mudah ditemukan dan sering disantap sebagai menu sehari-hari. Kandungan Gizi Kedondong

Dalam 100 gram buah kedondong, terdapat sekitar 40 kalori dan berbagai nutrisi sebagai berikut:

  • 1 gram protein dan serat
  • 12 gram karbohidrat
  • 0,1 gram lemak
  • 230 IU vitamin A
  • 30 mg vitamin C
  • 2.8mg besi
  • kalsium 15 mg
  • 65 mg fosfor

Tidak hanya varietas di atas, kedondong juga mengandung vitamin B dan antioksidan, flavonoid dan polifenol. Selain itu, biji kedondong juga memiliki senyawa antibakteri dan antikanker. Manfaat Kendondong untuk Kesehatan
Dengan kandungan nutrisinya yang bervariasi, kedondong dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, antara lain:

1. Perkuat pencegahan

Kedondong adalah pilihan buah yang baik dimakan untuk meningkatkan kekebalan atau energi. Padahal, buah kedondong merupakan sumber antioksidan, vitamin C dan vitamin A.

Ketiga unsur tersebut diketahui berperan penting dalam menjaga kesehatan dan fungsi sel darah putih yang berperan dalam mendukung sistem kekebalan tubuh.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Kandungan serat pada buah kedondong diketahui dapat membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida darah. Selain itu, vitamin C dan kandungan antioksidan buah ini juga dapat mengurangi peradangan dan mencegah aterosklerosis, yaitu penyumbatan pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

3. Jaga kesehatan mata

See also  Tips Trading forex Terbaik Untuk Pemula

Kedondong banyak mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Dengan mendapatkan vitamin A yang cukup, risiko mengalami gangguan penglihatan akan rendah, seperti rabun senja. Kedondong juga mengandung antioksidan yang mengurangi risiko penyakit mata seperti katarak terkait usia dan degenerasi makula.

4. Pelan – pelan

Jika Anda kesulitan untuk mandi, cobalah makan kedondong. Buah ini mengandung serat makanan yang dapat membantu pencernaan. Kedondong juga dapat mengentalkan feses untuk mencegah dan mengobati sembelit.

Tak hanya itu, kandungan serat, antioksidan, serta berbagai vitamin dan mineral dalam buah kedondong juga dapat menghindarkan Anda dari masalah pencernaan lainnya seperti wasir dan divertikulitis. Kebutuhan serat yang cukup juga diketahui berperan penting dalam mengurangi risiko kanker usus besar.

5. Jaga kesehatan fisik

Hampir semua orang ingin memiliki kulit yang sehat dan awet muda. Namun, paparan radikal bebas dari sinar matahari, polusi dan asap rokok, serta proses penuaan dapat merusak sel-sel kulit. Nah, Anda bisa mencegah kerusakan kulit dengan mengonsumsi makanan bergizi. Salah satu makanan tersebut adalah buah kedondong. Diketahui bahwa buah ini mengandung antioksidan yang mencegah kerusakan jaringan bebas dan vitamin C yang berperan penting dalam produksi kolagen, protein yang memperkuat tubuh dan perubahan alami.

6. Kehilangan berat

Kedondong memiliki kandungan serat pangan yang tinggi. Makanan yang mengandung serat dicerna dengan lambat di dalam tubuh, yang membuat Anda merasa kenyang. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengatur porsi dan kebiasaan makan, sehingga berat badan Anda akan terkelola dengan baik.

Jika sedang diet, tak ada salahnya mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti kedondong. Untuk memaksimalkan berbagai manfaat kedondong di atas, sebaiknya tambahkan ke dalam menu makanan sehat yang mengandung nutrisi.