Inilah Manfaat Dan Khasiat Blueberry untuk Kesehatan Tubuh Dan Lainya!

Posted on

kangdarus.com – Inilah Manfaat Dan Khasiat Blueberry untuk Kesehatan Tubuh Dan Lainya!

Manfaat blueberry untuk kesehatan dan kecantikan, mencegah diabetes menjadi ringan. Penggunaan blueberry sangat kaya, terutama untuk kesehatan fisik. Manfaat blueberry yang bisa kita dapatkan bukan karena nilai gizinya. Blueberry mengandung senyawa yang disebut anthocyanin. Kombinasi inilah yang memberi blueberry warna biru mereka.

Tapi bukan hanya senyawa antosianin yang membuat blueberry begitu kaya akan kegunaan. Kegunaan blueberry antara lain menenangkan jantung, menguatkan tulang, mendukung penampilan kulit, mengontrol tekanan darah dan banyak lagi.

Itulah beberapa manfaat blueberry yang bisa kita nikmati. Lebih dari itu, ada banyak manfaat yang bisa dimiliki blueberry. Selain itu, menggunakan blueberry juga dapat meningkatkan kekuatan otak.

1. Anti-inflamasi

Salah satu manfaat blueberry adalah sifat anti-inflamasinya. Padahal, blueberry memiliki kandungan antioksidan paling tinggi di antara buah dan sayuran lainnya. Satu cangkir blueberry mengandung 13.427 antioksidan total. Selain itu, juga kaya akan vitamin C, flavonoid seperti quercetin dan anthocyanidins.

Selain itu, berry ini juga mengandung senyawa tumbuhan alami yang disebut fitokimia, seperti asam ellagic dan anthocyanidins. Ini adalah persentase yang memberi berry warna tambahannya. Tak hanya itu, senyawa tersebut juga dikenal dapat membantu mengurangi peradangan.

2. Menurunkan kolesterol

Makan blueberry juga bisa menurunkan kolesterol. Studi menunjukkan bahwa ekstrak bilberry dapat menurunkan kolesterol darah. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak bilberry dapat menurunkan kolesterol total darah antara 6-12% bila digunakan selama enam minggu.

3. Mengurangi risiko tekanan darah tinggi

Satu studi menunjukkan bahwa makan tiga atau lebih blueberry per minggu dapat mengurangi risiko serangan jantung yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi sebesar 34%. Blueberry juga rendah sodium sehingga membantu orang dengan tekanan darah tinggi.

See also  Link Full Video Bagarre Couteau Twitter Jugulaire Video Twitter 2022

4. Mencegah penyakit jantung

Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab utama serangan jantung. Saat itu, penggunaan blueberry antara lain dapat mengobati tekanan darah tinggi. Jadi belum jelas, manfaat blueberry juga bisa menahan serangan jantung.

Selain itu, blueberry juga mengandung anthocyanidins, yang dapat mengurangi masalah pembuluh darah yang berkaitan dengan penuaan untuk mendukung jaringan pembuluh darah yang menghubungkan jantung dan organ lainnya. Selain itu, antioksidan dalam blueberry dapat mencegah penumpukan kolesterol LDL jahat di dinding arteri yang berkontribusi terhadap penyakit jantung dan stroke.

5. mencegah diabetes

Manfaat lain dari blueberry adalah dapat mencegah diabetes. Ini karena blueberry tidak mengandung gula dan merupakan sumber serat yang baik. Dengan kata lain, blueberry memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah. Selain itu, kadar flavonoid merangsang blueberry untuk membantu meningkatkan sensitivitas insulin, yang penting untuk mengendalikan gula darah.

6. Menyegarkan mata

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan blueberry diyakini dapat membantu meningkatkan penglihatan dan mencegah degenerasi makula seiring bertambahnya usia. Dikombinasikan dengan konsumsi blueberry secara teratur, dapat meningkatkan suplai darah dan oksigen ke mata. Padahal konsumsi antioksidan dapat membantu mengurangi risiko terkena katarak dan degenerasi makula.

7. Jaga usus dan perut dengan baik

Manfaat lain dari blueberry adalah dapat membantu menenangkan usus, lambung, dan saluran kemih. Bilberry sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati masalah pencernaan dan infeksi saluran kemih.

8. Menjaga kesegaran pencernaan

Fungsi lain dari blueberry adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini karena dosis senyawa fenolik dalam ekstrak blueberry dapat menghambat pertumbuhan bakteri seperti Salmonella, Staphylococcus, dan Helicobacter Pylori. 9. Mencegah Kanker

Blueberry mengandung sejumlah besar antioksidan dan dapat meningkatkan pertumbuhan sel di semua lini sel dan juga mengurangi risiko kanker termasuk kanker mulut, kanker payudara, kanker usus besar dan kanker prostat. Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak bilberry memiliki efek terbesar pada sel kanker usus besar dan payudara. Blueberry juga mengandung fitokimia seperti flavonol, tanin, asam fenolik dan anthocyanin, yang paling efektif dalam mencegah proliferasi sel kanker.

See also  Inilah 4 Manfaat Dan Khasiat Buah Markisa Bagi Kesehatan Tubuh

10. Meningkatkan aktivitas otak dan mencegah penyakit Alzheimer

Blueberry juga berperan dalam mengurangi pertumbuhan penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer. Dalam percobaan hewan dikatakan bahwa mengambil ekstrak blueberry selama 8 minggu dapat sangat meningkatkan memori sel otak. Hasilnya, peneliti menyimpulkan bahwa polifenol dapat masuk ke otak dan mencegah kerusakan otak.

11. Mendukung Penurunan Berat Badan

Blueberry merupakan makanan rendah kalori dengan GI atau indeks glikemik yang rendah, sehingga banyak suplemen nutrisi yang memasukkan blueberry sebagai bahan utamanya. Indeks glikemik blueberry yang rendah membuat Anda kenyang.

Buah ini juga merupakan makanan rendah karbohidrat yang diserap secara perlahan oleh tubuh. Serat dalam blueberry juga membantu mengendalikan nafsu makan dan menunda rasa lapar. Jadi Anda bisa menambahkan blueberry ke dalam diet Anda jika Anda berencana untuk makan. Dengan kata lain, blueberry dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

12. Anti penuaan

Manfaat blueberry termasuk anti-penuaan. Studi menunjukkan bahwa blueberry adalah buah nomor satu dengan antioksidan. Antioksidan dalam blueberry telah terbukti mengurangi peradangan dan mengurangi stres oksidatif. Stres oksidatif terjadi ketika ada ketidakseimbangan antara produksi radikal yang merusak sel dan kemampuan tubuh untuk mencegah efek berbahayanya.

13. Membantu pemulihan otot

Berolahraga terlalu keras dapat menyebabkan kerusakan otot atau kerusakan otot akibat latihan (Eimd). Kerusakan pada otot ini dapat menimbulkan gejala seperti nyeri fisik, berkurangnya kekuatan fisik, dan menghambat performa olahraga. Namun, apa yang dimakan atlet sebelum dan/atau setelah berolahraga mempengaruhi tingkat risiko Eimd.

Dalam sebuah penelitian, atlet wanita mengonsumsi smoothie blueberry atau plasebo dengan kapasitas antioksidan yang sama 5-10 jam sebelum dan segera setelah 12-36 jam setelah latihan intens menyebabkan EIMD. Para peneliti menemukan kecepatan kekuatan fisik pada kelompok hegemonik blueberry. Hasil seperti itu membuat para ilmuwan menyimpulkan bahwa blueberry dapat meningkatkan waktu yang dibutuhkan otot untuk pulih dengan cepat.

See also  (Leaked) New Link Full Jamal Murray IG Video Viral Leaked Twitter, Jamal Bubble Murray Leaked Twitter, Jamal Murray Exposed

14. Menenangkan tulang

Manfaat blueberry yang terakhir adalah menjaga kesegaran tulang. Blueberry mengandung berbagai mineral yang baik untuk menenangkan tubuh, seperti mangan, tembaga, besi, kalium, dan seng. Untuk itulah, mengonsumsi blueberry dapat membantu mendukung kesehatan tulang, sehingga jauh dari risiko tulang mudah patah. Selain itu, persentase vitamin K di dalamnya juga berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh.

15. Meningkatkan energi

Blueberry juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Ini bukan karena kandungan vitamin C yang tinggi dalam blueberry. Vitamin C berperan penting dalam membangun pertahanan tubuh terhadap pilek, infeksi saluran kemih, terutama kanker.

16. Kulit lebih lembut, sehat

Anda juga bisa mendapatkan blueberry untuk kecantikan. Blueberry memiliki sifat menutrisi kulit karena kandungan vitamin C-nya. Vitamin C bekerja sebagai antioksidan dan meningkatkan produksi kolagen untuk kulit halus dan sehat.