Inilah! Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis

Posted on

kangdarus.com – Inilah! Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis

Penyebab Baterai Laptop Terpotong Baterai laptop mudah terkuras yang tentunya dapat menghambat kinerja anda.

Laptop merupakan perangkat elektronik yang kini membantu pekerjaan manusia.

Menggunakan laptop berguna untuk pekerjaan kantor, administrasi, kuliah, sekolah dan lainnya.

Anda telah mengisi penuh baterai laptop Anda, tetapi itu biasanya terjadi karena mudah terkuras. Pekerjaan belum selesai, tetapi Anda harus bergegas menemukan port pengisian daya. Pekerjaannya agak lambat dan seseorang menjadi kesal. Oleh karena itu, perlu diketahui faktor-faktor berikut dan cara mengatasinya.

Penyebab baterai laptop cepat habis

Saat Anda membeli laptop baru, baterai dalam kondisi baik dan dapat menghemat daya. Namun, seiring waktu, kondisi baterai yang baik dan umurnya akan berkurang. Hal ini disebabkan karena seringnya menggunakan laptop. Terkadang laptop mengalami masalah baterai. Saat menggunakan laptop, fungsi baterai sangatlah penting, yaitu sebagai alat untuk menyimpan energi dan menyuplai daya listrik agar laptop dapat menyala.

Laptop baru memiliki baterai bekas yang tahan berjam-jam. Anda tidak perlu sering-sering mengisi dayanya, tetapi baterai laptop akan cepat habis seiring waktu.

Penyebab utama masalah baterai laptop adalah penggunaan yang tidak tepat. Kesehatan baterai laptop akan dipengaruhi oleh cara Anda menggunakan laptop. Masalah baterai laptop, penyebabnya antara lain sebagai berikut:

1. Di pakai Terlalu Lama

Laptop yang sudah lama digunakan bisa mempermudah pemanasan.

Jika Anda menggunakan laptop selama berjam-jam bahkan sampai baterai habis, komponen baterai bisa rusak.

Saat menggunakan laptop untuk waktu yang lama, sistem memanas. Itu berdampak buruk pada komponen lain termasuk baterai.

Akibat yang terjadi dengan komponen yang satu ini biasanya baterai laptop cepat habis.

See also  Harga Spesifikasi HP OPPO A16 Indonesia Terbaru 2022

2. Mengunakan Leptop Sambil Di Cas

Alasan lain mengapa baterai laptop mudah terkuras adalah mengisi daya laptop saat sedang digunakan.

Memang kecil, tapi jika dilakukan terlalu sering akan menimbulkan masalah. Mengisi daya laptop dan menggunakannya langsung menyerap daya pengisian daya.

Oleh karena itu, baterai tidak dapat terisi penuh sehingga cepat habis. Jika Anda tidak ingin membuang baterai, hindari perilaku ini.

3. Perkerjaan Leptop Terlalu Berat

Kemampuan notebook akan dipengaruhi oleh spesifikasi standar. Spesifikasi laptop yang baik dapat menangani pekerjaan yang paling sulit sekalipun.

Di sisi lain, jika spesifikasinya rendah, jika Anda dipaksa untuk melakukan pekerjaan berat, komponen internal akan rusak.

Berkat ini, laptop akan bekerja dan cepat panas. Hal ini akan membuat baterai laptop lebih mudah dan menurunkan kualitasnya.

Menggunakan internet juga menghabiskan masa pakai baterai. Laptop akan bekerja lebih baik jika jaringan internet tidak bagus.

Laptop dapat memanas dan memengaruhi baterai. Akibatnya, baterai laptop akan rusak saat digunakan.

Cara mengatasi baterai laptop cepat habis

Jika Anda sudah mengetahui penyebab baterai laptop cepat habis, Anda bisa mencegahnya atau mengatasinya.

Istirahatkan laptop jika sudah lama digunakan. Laptop umumnya tidak dirancang khusus untuk pekerjaan berat. Selain laptop gaming, desain grafis.

Bersihkan laptop dari debu untuk memastikan sirkulasi udara yang baik. Sehingga tidak menghalangi aliran udara yang memanaskan laptop dan mempengaruhi baterai.

Lokasi laptop saat menggunakannya juga harus diperhatikan. Karena jika diletakkan di atas bahan yang empuk seperti kasur dan bantal, sirkulasi udara tidak akan bekerja dengan cepat menguras baterai laptop.

Pilih media yang tepat, seperti meja, lantai atau alas lainnya. Terlalu banyak cahaya juga dapat merusak baterai laptop.

See also  Update Link 111.90.150.204 Video Bokeh Viral Terbaru Tanpa Sensor Indonesia 18++

Penyebab baterai laptop habis

Atur kecerahan layar yang sesuai untuk menghindari kerusakan baterai. Cahaya yang baik juga lebih sehat untuk mata. Jangan biarkan baterai habis 0% atau laptop akan mati begitu saja. Anda harus selalu memperhatikan sisa daya baterai saat menggunakannya.

Jika Anda membiarkan baterai mati, Anda akan membunuh banyak ion di laptop. Cara memperbaiki baterai laptop mudah dijelaskan dengan mengklik kanan pada baki sistem dan memilih Opsi Daya.

Kemudian klik Create Power Plan, beri nama, dan klik Next. Nyalakan lampu dan aktifkan Power Plan dengan mengklik ikon baterai. Kemudian isi daya laptop hingga terisi penuh.

Akhir kata

Itulah informasi mengenai penyebab kerusakan baterai laptop, terima kasih kepada teman-teman yang telah mengunjungi artikel ini, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda semua.