Inilah Sosok Partai NasDem Ternyata Usung Anies Baswedan Capres 2024

Posted on

kangdarus.com – Inilah Sosok Partai NasDem Ternyata Usung Anies Baswedan Capres 2024

Partai NasDem telah mengesahkan Anies Baswedang sebagai calon (Capres) untuk pemilihan 2024, dengan pernyataan yang dibuat di kantor NasDem di Jakarta Pusat.

Presiden Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh memimpin pencanangan Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024 pada Senin (3/10/2022). “Itulah sebabnya NasDem akhirnya melihat jumlah Anies Rasyid Baswedan. Kami percaya refleksi dari perspektif makro dan mikro ini sesuai dengan apa yang kami yakini,” kata Surya Paloh.

“Perjalanan negara kita serahkan ke depan, dan jika Anies terpilih, dia akan memimpin negara menjadi negara yang layak,” kata Paloh dalam sambutannya.

Pernyataan tersebut langsung disusul oleh Anies Baswedan. Gubernur DKI Jakarta tiba di gedung NasDem sekitar pukul 09.00 WIB dengan mengenakan setelan jas hitam, jas putih, dan kemeja hitam.

Anies tidak memberikan sepatah kata pun kepada media dan hanya memberikan satu jari ketika dimintai pendapatnya tentang rencana Surya mengumumkan nama calon presiden.

Selain itu, NasDem mengusung namanya dalam pemilihan presiden 2024 hari ini. Pengumuman NasDem tentang Anies sebagai capres hati-hati dan dua calon lainnya akan mencalonkan diri. Mereka adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

NasDem sendiri tidak bisa mengambil Anies sebagai calon dalam pemilihan umum 2024. Karena ada ambang batas untuk pencalonan presiden. NasDem pada Pemilu 2019 hanya meraih 59 kursi atau sekitar 9,05% dari total kursi di RPD RI.

Saat ini, undang-undang pemilu mengharuskan partai yang mencalonkan diri sebagai presiden dan wakil presiden memiliki setidaknya 20 persen dari total kursi di DPR atau 25 persen dari suara sah di negara ini.

See also  Inilah Kapolda Terbaru Riau Nomor Dua Polisi Terkaya Versi LHKPN KPK 2021

Untuk menghindari presidential threshold, NasDem mempertimbangkan untuk beraliansi dengan PKS dan Partai Demokrat.