Inilah Sosok Sebastian Vettel Yang Resmi Pensiun Jadi Pebalap Formula 1

Posted on

kangdarus.com – Inilah Sosok Sebastian Vettel Yang Resmi Pensiun Jadi Pebalap Formula 1

Sebastian Vettel telah pensiun dari dunia Formula 1. Selama karirnya, Vettel telah memenangkan banyak gelar juara dunia Formula 1. Mengakhiri karir balapnya, Sebastian Vettel memberikan pidato penuh makna.

Juara dunia Formula 1 empat kali itu berharap para pembalap Formula 1 akan menggunakan kekuatan mereka untuk menginspirasi tindakan dan kata-kata demi tujuan yang lebih besar di luar balapan.

Berjuang keras untuk kesetaraan, Vettel adalah seorang aktivis lingkungan. Pelari asal Jerman ini juga memiliki kepribadian yang hangat dan sangat peduli terhadap sesama.

Sebastian Vettel dipastikan akan membalap Formula 1 (F1) usai GP Abu Dhabi 2022. Pasalnya, balapan ini merupakan balapan terakhir Vettel sebagai pembalap F1.

Menariknya, keputusan Vettel pensiun membuatnya sedih. Karena menurutnya itu kosong karena akan meninggalkan balapan yang membesarkan namanya. Setelah 15 tahun bekerja, Vettel akhirnya menjalani balapan terakhirnya di F1 saat balapan di Abu Dhabi pada Minggu 20 November 2922.

Pasalnya, ia memutuskan gantung helm tepat setelah musim 2022. Pembalap Aston Martin itu pun mengakhiri kariernya dengan raihan poin setelah finis di urutan ke-10.

Usai balapan, ia mengucapkan kata perpisahan kepada dunia F1 hingga air mata berlinang di pipinya. Pembalap berusia 35 tahun itu mengaku merasa tidak ada gunanya meninggalkan F1.

Ia pun mengaku senang bisa mencapai levelnya saat ini, yang dikenal sebagai pelari hebat. “Saya merasa kosong. Ini adalah akhir pekan yang hebat. Dua tahun terakhir membuat frustrasi, tetapi sangat penting bagi hidup saya,” ujar Vettel melalui Mirror, Senin (21/11/2022) tentang pengambilan alih. Ada hal yang lebih penting dalam hidup daripada berjalan-jalan,” tambahnya.

See also  Link Terbaru Full Video Viral Esskayuwu Beredar di Twitter

Selain itu, penduduk asli Heppenheim mengatakan bahwa pensiun adalah keputusan yang sulit baginya. Namun, di usianya, dia ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarganya dan memikirkan apa yang akan dia lakukan di akhir tahun.

“Keputusan itu sulit bagi saya dan saya menghabiskan banyak waktu memikirkannya. Di akhir tahun, saya ingin menghabiskan lebih banyak waktu untuk memikirkan apa yang harus saya fokuskan,” jelas mantan pebalap Red Bull itu.

“Jelas bagi saya bahwa ayah saya ingin saya menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga saya, tetapi hari ini bukan untuk mengucapkan selamat tinggal.”

“Sebaliknya, ini tentang berterima kasih kepada semua orang kecuali para penggemar, tanpa penggemar F1 mungkin tidak ada,” kata Vettel. Sebagai informasi, Vettel meraih empat gelar juara F1 pada musim 2010, 2011, 2012, dan 2013 bersama Red Bull.

Total ia mengikuti 299 balapan dengan torehan 53 kemenangan, 57 posisi, 122 podium dan total 3097 poin yang ia habiskan dengan mengenakan pakaian BMW Sauber, Toro Rosso, Red Bull, Ferrari dan Aston Martin.