Jenis Burung Kacer & Burung Kacer Cepat Gacor Serta Harga Burung Kacer

Posted on

Jenis Burung Kacer (Copsychus saularis) – Burung kacer sebagai salah satunya jenis burung kicau yang awalnya dipandang salah satunya spesies dari keluarga Turdidae, tetapi saat ini dipandang seperti muscicapidae dan genus Copsychus. Burung yang sama dengan warna hitam dan putih ini mempunyai nama ilmiah Copsychus saularis atau Oriental Magpie-robin dengan bahasa inggrisnya dikenal juga dengan bahasa sah dengan kucica daerah yang bisa di temui di mayoritas anak benua India dan sisi Asia Tenggara.

Daftar Isi

Suara Burung Kacer

Adapun kicauan burung Kacer kedengar merdu karena ada macam suara yang tidak menoton atau mungkin tidak menjemukan untuk yang dengarkan. Burung ini sanggup tirukan kicauan dari burung yang lain di dengarnya dan suara kicauannya juga bisa merendah dan meninggi.

Habitat dan kebiasaan

Di alam liar mereka bisa ditemui di rimba sekunder, perkebunan kelapa, rimba mangrove, dan permukiman warga yang ada banyak banyak pohon-pohonan sampai 1000 dpl. Burung kacer atau kacer ini termasuk sangatlah aktif cari makan, dimulai dari pohon kelapa, randu, pisang atau ranting pohon kering baik secara pribadi atau berpasang-pasangan.

Jenis Burung Kacer & Burung Kacer Cepat Gacor Serta Harga Burung Kacer
Jenis Burung Kacer & Burung Kacer Cepat Gacor Serta Harga Burung Kacer

Makanan Burung Kacer

Makanan Burung kacer terhitung serangga dan invertebrata yang lain. Walau khususnya pemakan serangga, mereka dijumpai terkadang ambil nektar bunga, tokek, lintah, kelabang serta ikan.

Jenis Burung Kacer

Dari Beberapa jenis burung kacer yang menyebar di sejumlah negara, tetapi di indonesia cuman 2 jenis burung kacer yang banyak disukai. Ke-2 nya yaitu Burung Kacer Jawa dan Kacer Poci. Walau banyak jenis burung kacer yang mempunyai kualitas bagus. Tetapi ke-2 burung kacer ini benar-benar terus-menerus dicari oleh pencinta burung kicau. Selainnya burung kacer jawa dan kacer poci, ada banyak burung kacer yang mempunyai kualitas baik dan diantaranya burung kacer Madagaskar, Blorok dan kalimantan.

1. Jenis Burung Kacer Poci

Apakah yang dimaksud dengan kacer poci

Kacer Poci sebagai jenis yang diunggulkan beberapa pencinta burung kicau. Kacer ini sering disebutkan dengan kacer sumatera. Ciri-ciri fisiknya lumayan gampang dikenal dengan warna hitam pada bagian kepala, leher, pungggung, dan ekor. Sementara di bagian dada, perut, dan sisi tengah sayap warna putih.

Kacer Poci – Burung Kacer Poci atau Kucica Daerah sebagai salah satunya jenis burung kicau yang biasa dikenali dengan panggilan Kacer Dada Putih. Burung dari keluarga Muscicapidae dan Genus Copsychus ini termasuk burung yang mempunyai kekuatan berkicau di atas rerata, baik dari sisi volume suara yang keras dan lagu bervariatif ditambah dengan style berkicau yang menarik.

Kekuatan kicauannya itu terkenal dengan istilah Ngobra. Dengan semua keunggulan dan personalitasnya itu yang membuat beberapa kicau mania benar-benar menyenangi burung Kacer Poci yang namanya ilmiah Copsychus Saularis atau Oriental Magpie-Robin dengan bahasa inggrisnya.

Burung Kacer Poci sebagai jenis Kacer fighter atau petarung sejati yang gampang naik darah. Di alam liar, burung ini tidak enggan-segan untuk menangkap burung yang lain merapat. Tidaklah aneh bila beberapa kicau mania jadikan burung ini sebagai burung lomba.

Ciri-ciri Kacer Poci

Burung Kacer Poci mempunyai panjang badan sekitaran 19 sampai 21 cm dengan berat badan sekitaran 29 sampai 51,3 gr. Warna bulu-bulunya dikuasai dengan dua warna hitam dan putih. Pada burung jantan, kepala, dada, dan punggung Kacer warna hitam biru berkilau. Sementara betina, seperti jantan tapi warna abu-abu kabur bukan hitam.

Kacer Poci yang mempunyai ras Sumatera, Jawa barat, dan Kalimantan barat, mempunyai sayap dan bulu-bulu tengah ekor hitam, bulu-bulu ekor luar dan setrip yang membentang di penutup sayap putih, perut dan tungging putih. Dan, untuk ras Jawa timur, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur, mempunyai perut dan tungging hitam.

Jenis Burung Kacer Poci

Burung Kacer Poci terbagi dalam 8 subspesies yang diterima dengan peseberan berlainan sebagai berikut:

Saularis (Linnaeus, 1758): Pakistan sisi timur laut dan India sisi timur sampai selatan, dan China sisi timur (terhitung Pulau Hainan), Thailand selatan dan Indochina.
Ceylonensis (P. L. Sclater, 1861): India sisi selatan dan Sri Lanka.
Andamanensis (Hume, 1874): Pulau Andaman.
Adamsi (Elliot, 1890): Pesisir Kalimantan paling utara dan beberapa pulau disekelilingnya.
Mindanensis (Boddaert, 1783): Philipina.
Musicus (Raffles, 1822): Thailand sisi selatan dan semenanjung Malaysia sisi selatan sampai Sumatera (terhitung Pulau Simeulue, Nias, Batu, Belitung, Bangka), Jawa sisi barat dan Kalimantan barat.
Amoenus (Horsfield, 1821): Jawa sisi timur dan Bali.
Pluto (Bonaparte, 1850): Kalimantan sisi utara, timur dan tenggara, dan Pulau Maratua.

Habitat dan Makanan Kacer Poci

kacer poci-Burung Kacer ini bisa hidup sampai ketinggian 1500 mdpl yang bisa diketemukan di pelataran, dusun, rimba sekunder, rimba terbuka, dan rimba magrove. Saat terbang bagus sekali perhatian. Menempati dengan menonjol saat berkicau dan berpenampilan.

Burung ini, kerap cari makan di permukaan tanah dengan terus-terusan turunkan dan membuak ekornya saat sebelum menetup dan menegakkannya secara membentak.
Di Indonesia, minimal ada 2 jenis burung Kacer yang terfavorit dan paling disukai beberapa Kacer mania, yakni Kacer Poci dan Kacer Jawa. Dari ke-2 jenis Kacer itu pasti mempunyai ketidaksamaan yang cukup menonjol khususnya dari segi warna bulu-bulu sebagai percantik di badannya.

See also  Tiga Bagian Telinga Dan Fungsinya

Ke-2 burung Kacer ini dipandang memiliki keunggulan dan daya magnet tertentu di mata beberapa fansnya. Burung Kacer Poci dipercaya memiliki kaulitas suara kicauan yang kristal. Dan, burung Kacer Jawa di-claim mempunyai keunggulan lebih bagus dalam soal suara nyanyian yang lebih bervariatif dengan style ngobra.

Tips Agar Kacer Poci Cepat Gacor

Dalam menjaga burung Kacer supaya selalu sehat dan rajin gacor tiap hari, bahkan juga dapat memenangi kejuaraan dalam gelaran lomba. Karena itu pemilik perlu mengenal personalitasnya agar perawat bisa sesuaikan dengan setingan perawatan yang akurat.

Pemasteran Kacer dengan memperdengarkan suara burung master opsi yang sedang ngetrend tidak kalah keutamaan, supaya dia sanggup berkicau dengan kualitas spesial dengan tembakan-tembakan khusus.

2. Jenis Burung Kacer Jawa

Burung kacer jawa atau kacer hitam / lokal sebagai salah satunya jenis burung kicau yang populer mempunyai suara kicau yang cukup merdu. Burung ini dikenali beberapa kicau mania sebagai kacer hitam karena sebagian besar permukaan bulu-bulu yang tutupi badannya warna hitam meskipun ada banyak sisi bulu-bulu badannya yang warna putih.

Lantas bagaimanakah langkah menjaga burung kacer lokal ini dan berapakah harga pasarannnya, jika anda ingin tahu coba baca dahulu keterangan berkenaan sangkut-paut burung kacer lokal yang ada di bawah sini.

Ciri-ciri Burung Kacer Jawa

  1. Sebagian besar badannya ditutupi bulu-bulu warna hitam pekat.
  2. Di bagian ekor atau sayapnya terdapara bulu-bulu warna putih.
  3. Burung ini menyenangi wilayah yang mempunyai temperatur panas.

Jenis Burung Kacer Jawa

Dipasaran burung ini mempunyai tiga nama yang kerap dijadikan nama produk yakni

  • Kacer Lokal
  • Kacer Jawa
  • Kacer Hitam

Perawatan Burung Kacer Jawa

Apa yang perlu anda kerjakan saat mempunyai burung kacer jawa,  panduan menjaga burung kacer lokal di bawah ini.

  • Pakai sangkar yang mempunyai ukuran 40 x 40 x 60 cm atau dengan diameter 40-45 cm.
  • Saat sebelum dimandikan seharusnya burung diangin-angingkan selam 20-45 menit.
  • Selanjutnya silakan mandikan dengan sistem semprot atau memakai karamba.
  • Lalu silakan jemur burung sepanjang 1-2 jama pada jam 07.00 10.00 pagi.
  • Saat burung sedang dijemur beri pakan berbentuk kroto, jangkrik dan ulat.
  • Kerjakan pengerodongan saat malam hari dan terlepas kerondong di siang hari

3. Jenis Burung Kacer Madagaskar

Kacer madagaskar sebagai salah satunya jenis burung kacer yang lumayan disukai oleh beberapa kicau mania. Burung ini terhitung dalam kelompok burung kicau import yang tentu saja saran di dalam barisan burung piaraan pada harga yang lumayan mahal. Keunikan burung ini yakni jika bulu-bulu leher dan punggungnya populer cahaya akan memantulkan warna biru.

Lantas bagaimanakah langkah membandingkan burung kacer madagaskar yang asli dengan palsu, jika kalian berasa ingin tahu silakan baca dan ketahui keterangan berkenaan burung kacer madagaskar di bawah ini.

Ciri-ciri Ciri Burung Kacer Madagaskar

Jika disaksikan sepintas burung kacer madagaskar hampir sama dengan burung kacer yang ada diwilayah negara kita, lantas apa yang mebedakaanya silakan check di bawah.

Warna bulu-bulunya kelihatan lebih halus dari jenis kacer yang lain.
Bulu-bulu di bagian leher, punggung, dan ekornya jika terserang cahaya akan terlihat biru.
Saat berkicau selalu membusungkan dadanya.

Jenis Burung Kacer Madagaskar

Burung yang dari benua afrikan ini rupanya mempunyai beberapa jenis lho salah satunya

  • Kacer Madagaskar Pica
  • Kacer Madagaskar Albospocullaris
  • Kacer Madagaskar Inexpetatus

Cara Merawat Burung Kacer Madagaskar

Ingin tahu tehnik perawatan burung kacer madagaskar yang gampang untuk dilaksanakan, coba periksa panduan berikut

Yakinkan kandang dan tempat makan atau minum burung selalu bersih.
Beri pakan yang berkualitas tinggi dan harus imbang.
Sesekali beri vitamin peningkat stamina burung.
Rajinlah memandikan, menjemur dan memastekan kacer madagaskar.

4. Jenis Burung Kacer Blorok

Burung kacer blorok sebagai salah satunya burung kicau yang bisa disebut langka atau bisa disebutkan benar-benar susah untuk kita jumpai dipasaran. Ini karena burung kacer yang ini memang susah untuk diketemukan bahkan juga dialam bebas sekalinya.

Lantas apa sebagai kelebihan burung kacer ini dengan jenis burung kacer secara umum. Jika anda ingin tahu coba baca dan ketahui artikel berkenaan burung kacer blorok yang ada di bawah sini.

Ciri-ciri Ciri Burung Kacer Blorok

Seperti apakah ciri-ciri fisik burung kacer blorok yang dikenali mempunyai suara kicau yang super jenih, silakan check di bawah sini.

Mempunyai wujud badan yang condong lebih kecil atau besar.
Corak bulu-bulunya benar-benar ciri khas yakni blorok atau kombinasi minimum dari 2 warna

Jenis Burung Kacer Blorok

Ingin tahu ada berapakah jenis burung kacer yang tersebar dipasaran, coba check jenis kacer ini.

Kacer Blorok

Keunggulan Burung Kacer Blorok

Apa sebagai keunggulan burung kacer blorok dibanding dengan burung kacer secara umum, silakan check keterangan ini.

  • Mempunyai kualitas kicau yang di atas umumnya.
  • Warna yang dipunyai unik atau berlainan dengan warna bulu-bulu kacer yang lain.

Cara Merawat Burung Kacer Blorok

Perlu panduan menjaga burung kacer blorok yang disebut benar-benar eksotik dan sangat langka, silakan check tutorial ini.

  • Silakan membersihkan kandang burung dari tersisa kotoran dan makanan.
  • Yakinkan makanan dan pakan yang diberi berkualitas tinggi.
  • Janganlah lupa beri multivitamin dan extra food supaya staminannya selalu terlindungi.
  • Paling akhir rajinlah memandikan, menjemur dan memasterkan burung kacer anda.

5. Jenis Burung Kacer Kalimantan

Burung kacer kalimatan sebenarnya sebagai salah satunya jenis burung kicau yang lumayan disukai oleh beberapa kicau mania, ini karena burung ini populer mempunyai kualitas kicau yang cukup merdu dan warna bulu-bulunya termasuk unik.

Disamping itu kacer kalimantan populer gampang untuk dilatih asal stabil dalam memasterkannya. Lantas apa sebagai kelebihan burung kacer ini dengan jenis yang lain.

Ciri-ciri Ciri Burung Kacer Kalimantan

Berikut ciri-ciri fisik burung kacer asli pulau kalimantan yang harus anda kenali

  • Sisi bulu-bulu dadanya warna hitam.
  • Warna putih bulu-bulunya cuman ada di bagian perut, bokong dan ekor kebawah.
  • Badan bulu-bulunya lebih dikuasai dengan warna hitam pekat.

Jenis Burung Kacer Kalimantan

Dipsaran burung kacer ini dipisah jadi 2 jenis yakni

  • Kacer Kalimantan
  • Kacer Borneo

Cara Merawat Burung Kalimantan Kacer

Untuk perawatan burung kacer yang ini bisa disebut benar-benar gampang, anda cukup memerhatikan banyak hal sebagai berikut ini.

  • Usahkan kandang atau sangkar terlepas dari tersisa makanan dan kotoran burung.
  • Yakinkan tempat makan atau minum burung steril dan pantas gunakan.
  • Beri makanan yang berkualitas dan tambah multivitamin.
  • Lakukan untuk rajin memandikan, menjemur dan memasterkan burung.

6. Jenis Burung Kacer Filipina

Sesuai namanya jika Burung kacer filipina atau Philippine Magpie-robin (Copsychus mindanensis) sebagai kacer epidemik filipina. Jenis Burung kacer ini hampir serupa dengan kacer poci tetapi pada akhirnya dipastikan berdiri dengan sendiri

Ada dua jenis burung yang paling tepat dengan burung kacer, tetapi semua bulu-bulu badan dan sayapnya warna hitamdan tidak ada warna putih seperti burung kacer yang kita mengenal sekarang ini. Karena berwarna hitam pekat sebagian orang mengatakan kacer lutung. Kacer lutung tidak mempunyai komunitas di Indonesia. Burung ini cuman dapat diketemukan di negara tetangga, Filipina, serta jadi burung epidemik di beberapa daerah tertentu di negara ini. Ada dua jenis kacer lutung, yakni kacer lutung Niger dan kacer lutung Cebu. Dalam artikel ini kita ulas beberapa ketidaksamaan menonjol dari ke-2 jenis burung kacer lutung.

See also  Penjelasan Tentang Kuda

1. Kacer lutung cebu / black-shama (Copsychus cebuensis):
– Daerah penyebaran cuman berada di Pulau Cebu, Filipina,
– Kacer lutung cebu mempunyai warna bulu-bulu ekor yang semua hitam, terhitung bulu-bulu ekor sisi dalam. Adapun
– Kacer lutung cebu, sisi dalam bulu-bulu ekornya hitam.

2. Kacer lutung niger / white-vented shama (Copsychus niger):
– Daerah penyebaran di Pulau Palawan dan Balabac, Kepulauan Calaiman, dan daerah barat Filipina.
– Kacer lutung niger mempunyai warna putih pada beberapa bulu-bulu ekor sisi dalam, di bagian vent. Itu penyebabnya, burung ini diberi nama white-vented shama.
– Semua bulu-bulu sayap kacer lutung hitam, tanpa warna putih sedikitpun.

Ke-2 jenis burung itu sebelumnya jadi subspesies dari kacer (Copsychus saularis). Karena ada ketidaksamaan morfologi yang riil pada warna bulu-bulunya, mereke selanjutnya dipisah jadi spesies tertentu bernama Copsychus cebuensis. Kacer lutung niger juga dahulu jadi superspesies dari kacer lutung cebu. Bila kita menyaksikan ke-2 nya dari belakang, seperti tidak berlainan. Tetapi karena ketidaksamaan riil pada bulu-bulu di wilayah vent / kloaka, ke-2 nya jadi spesies terpisah.

Selebihnya, ke-2 jenis kacer lutung ini mempunyai performa yang serupa. Pada bulu-bulu sayapnya benar-benar tidak ditemui warna putih, seperti kacer yang umum kita mengenal, baik kacer poci atau kacer dada hitam.

Entahlah bagaimana ceritanya kacer lutung dapat masuk ke Indonesia, karena ke-2 spesies ini terhitung burung diproteksi di Filipina ingat komunitasnya yang semakin tipis. Tetapi, dari informasi-informasi yang didapat Om Kicau, burung ini telah lama ditangkarkan di Malaysia. Bisa maka kacer lutung yang berada di Indonesia datang dari hasil breeding di Malaysia.

Cara membedakan burung kacer jantan dan betina

Sesudah anda ketahui ke 6 jenis burung kacer di atas dan berminat untuk piara burung kacer, karena itu yang memerlukan lihat mengenai kacer jenis apa yang baik?. Semua jenis burung kacer mempunyai kekurangan dan kelebihan tertentu, tetapi untuk kacer rajin bunyi karena itu anda harus pilih burung kacer jantan.

Mengapa harus pilih kacer jantan?

Karena burung kacer jantan condong mempunyai karakter yang semangat serta lebih sukai berkicau dibanding betina. Betina condong lebih kurang kuat baik pada fisik dan suaranya

Apa sih Keunggulan Kacer Jantan di Banding Betina?
Kacer jantan lebih gacor dan semangat dari burung betina. Masalah fisik, jantan semakin kuat dibanding betina dan begitu halnya permasalahan psikis. Psikis burung kacer jantan awalannya telah bagus, bila dilatih terus menjadi psikis baja. Dapat disebut jantan lebih bagus di beberapa faktor daripada kacer betina.

Lalu bagaimanakah langkah membandingkan burung kacer jantan dan betina? Berikut ini kami bahas mengenai ciri-ciri fisik kacer jantan dan betina dewasa dan ciri-ciri fisik burung kacer jantan dan betina anakan.

Perbedaan Kacer Jantan dan Kacer Betina Dewasa

Kacer yang telah berumur dewasa pada umumnya benar-benar gampang untuk diperbedakan mana pejantan – mana betina. Karena bulu-bulu nya pernah mabung dan tumbuh prima, begitu halnya alat reproduksinya. Dan tentunya telah sanggup berkicau dengan kualitas terbaik. Hingga lebih gampang diketahui jenis kelaminnya cuman menyaksikan performa warna bulu-bulu, alat kelamin atau dengan memperhatikan suara kicauannya.

Ciri-Ciri Kacer Jantan Dewasa

Bulu-bulu di dada dan punggung warna hitam legam.
Secara keseluruahn warna bulu-bulu hitamnya lebih pekat.
Kloaka / ven kelihatan kecil dan memanjang.
Seringkali berkicau dengan suara keras.
Lebih jago tirukan kicauan burung lain.

Ciri-Ciri Kacer Betina Dewasa

Bulu-bulu di punggung dan dada berwarna cukup abu-abu / sirna.
Warna bulu-bulu hitamnya tidak sepekat dan sehitam pada pejantan.
Kloaka / dubur terlihat lebih lebar daripada pejantan.
Suara kicauan cendrung lirih dan lagu monoton / kurang bermacam.
Biasanya jarang-jarang berkicau.
Ketidaksamaan Kacer Jantan dan Betina Anakan
Jiak di atas sebagai ketidaksamaan kacer jantan dan betina dewasa, karena itu berikut ini ketidaksamaan kacer jantan dan betina anakan

Ciri-Ciri Kacer Jantan Trotol

Kepala berupa cepak / datar disebelah atas.
Paruh sisi bawah berwarna lebih hitam.
Warna bulu-bulu dada dan punggung terlihat lebih hitam.
Lebih agresif, gesit dan enerjik.
Bentuk lebih ramping dan tegap saat menempati di tangkringan.

Ciri-Ciri Kacer Betina Trotol

Wujud kepala cukup lonjong / bundar.
Paruh segi bawah berwarna cukup keabu-abuan.
Warna bulu-bulu punggung dan dada kelihatan keabuan / sirna.
Personalitasnya tidak begitu gesit dan cendrung banyak diam.
Bentuk badan cendrung cukup bundar, pendek dan tidak setegap trotolan jantan.
Langkah menjaga kacer supaya cepat gacor dan ngobra
Untuk menjaga burung kacer supaya cepat gacor harus juga secara khusus perlu perawatan secara intens supaya jadikan burung kacer bisa lebih cepat gacor berikut kami akan menerangkan langkah menjaga burung kacer :

1. Memberikan Makanan Yang Bervitamin Tinggi

Memberi konsumsi makanan sebagai hal yang penting sekali khususnya pada menjaga burung kacer ditambah lagi burung kacer ini salah satunya burung yang perlu dikasih Vitamin supaya lebih sehat seperti memberikan makan serangga, ulat hongkong, kroto dan beberapa serangga yang lain. Atau anda dapat check disin mengenai Makanan Kacer Supaya Cepat Gacor dan Ngeplong

2. Bersihkan Kandang Burung Kacer

Bersihkan kandang burung kacer sendiri anda dapat kerjakan dengan teratur dalam menjaga burung kacer. Lebih bagus di membersihkan dengan teratur dua hari sekali cukup hal ini bagus untuk kesehatan burung kacer, dapat menghindari burung kacer dari stress karena lingkungannya yang kurah bersih.

3. Memandikan Burung Kacer

Dalam menjaga burung kacer, tidak cuma kandangnya saja yang perlu di membersihkan burung kacer harus juga selalu di mandikan dengan teratur supaya burung itu selalu fresh dan berenerji saat lakukan latihan. Kapan saat memandikan burung kacer?Untuk saat pemandian burung kacer Anda dapat mengatur yakni saat pagi hari dari jam 7 sampai jam 10 pagi.

4. Memasterkan Burung Kacer

Memaster burung kacer benar-benar diperlukan, sesudah melalui beberapa perawatan harian burung kacer harus juga dilatih suara kacer itu. Ada banyak sistem yang dipakai oleh pencinta burung supaya burung kacer cepat gacor yakni dengan memasterkan burung kacer dengan jenis burung kicau yang lain.

See also  Pengertian Mengenai Serangga Beserta Jenis, Contoh Dan Gambarnya

Kapan saat memaster burung kacer yang bagus? Waktu memaster kacer mulai memaster Kacer pada jam 19.00 malam dengan memperdengarkan audio suara masteran volume sedang

5. Latih Tanding Burung Kacer dengan Burung Lain

Sesudah menjaga burung kacer dengan benar dan baik, karena itu hal seterusnya cari musuh sparring akan jadikan burung kacer terlatih akan keadaan ramai saat lomba atau kontes dengan latih burung kacer menantang burung lain nanti akan hasilkan burung kacer yang berkualitas baik dan berani dengan psikis yang baik. Hal itu benar-benar diperlukan untuk Latih Psikis Kacer Akan Supaya Fighter

Dari beberapa tahapan di atas, memungkinkan bahwasanya burung kacer kecintaan anda masih dirasakan kurang optimal seperti suara burung kacer masih tidak cukup optimal. Nach, untuk menanganinya anda dapat baca di Langkah Tingkatkan Volume Suara Kacer dengan Gampang

Langkah Untuk Menjaga Anakan Burung Kacer

Anda perlu untuk memerhatikan waktu perawatan, seumpama saat pada pagi hari dan sore hari yakinkan jika anakan kacer untuk ada selalu kegiatan mandi dan berjemur.

Kegiatan mandi untuk kacer ini maksudnya untuk mempertahankan kesehatan bulu-bulu kacer agar proses perkembangan bulu-bulunya dapat jalan secara lancar sampai mabung. Disamping itu faedah lainnya dari mandi dan berjemur untuk kacer ini untuk selalu jaga kesegaran kacer.

Selanjutnya, Anda perlu memerhatikan agenda pemberian pakan untuk anakan kacer. Karena voer harus dengan teratur diberi. Beri voer dengan kualitas yang baik, yang banyak terkandung protein untuk memperlancar perkembangan kacer anakan. Yang harus Anda beri pada kacer anakan ialah pakan extra (EF).

Selainnya lakukan perawatan yang berkulaitas pada bulu-bulu dan keadaan fisik burung, yakinkan jika Anda lakukan pemasteran. Karena, makin awalnya dilaksanakan pemasteran, karena itu dapat tingkatkan kualitas kacer saat berkicau. Kacer yang anakan ini lebih gampang untuk di master bila dibanding dengan lakukan master saat kacer sudah dewasa.

Cara ternak burung kacer untuk pemula

Dalam ternak burung kacer memerlukan kandang yang beralas tanah atau pasir sama ukuran yang pas dengan keinginan kita hanya saja sebagai pembedanya yakni : lebar 1m, panjang 1m dan tinggi 2 m dengan segi atap yang beberapa tertutup.

untuk segi dalam kita kemungkinan beri pohon yang berdaun teduh untuk tempat sarangnya ( biasanya yang digunakan yakni pohon beringin ) atau dapat menggunakan beberapa tangkringan dan kotak untuk sarang. atau jika anda memiliki lokasi yang luas kemungkinan menggunakan kandang ukuran 2x2x4 dengan pohon yang teduh di dalamnya untuk tempat simpan sarangnya. peralatan lainnya yakni tempat makan dan minum dan sbh tempat diisi air untuk mandinya yang di simpan didasar kandang.

Langkah pilih indukan kacer yang baik

setelah kandang kita buat waktunya kita mencari burung betina untuk pejantan kita. penetapan burung betina ini tidak ada dasar khusus cuman perlu memenuhi persyaratan persyaratan : sehat, tidak cacat dan jinak ( tidak giras ) umur bisa mencari yang kurang lebih 1 tahunan.

Cara menjodohkan kacer dengan cepat

setelah kita dapatkan burung betina yang sehat dan tidak cacat waktunya kita memasangkan kedua burung itu, untuk pertama kali bagusnya menggunakan teknik dekatkan kedua sangkarnya sejauh beberapa hari untuk pertemuan dan setelah itu burung baru bisa kita input di dalam kandang penangkaran.

Untuk menambahkan birahi burung bisa dengan lajur beri penjemuran yang cukup atau jika cahaya yang masuk di rasa kurang bisa menggunakan lampu tl ultra violet sudah tentu dengan menambahkan konsumsi vitamin c dan d untuk burung atau dapat memasukkan terasi yang dipilin lalu dimasukkan pada segi badan jangkrik untuk dimakan burung.

Sejauh proses penjodohan sampai ada perkawinan, setiap hari burung perlu selalu diberi ef ( ekstra fooding ) seperti jangkrik atau cacing tanah beberapa 2-3 ekor pagi dan sore setiap harinya per burung.

Pertanda burung betina ingin bertelur biasanya burung betina akan sering turun ke bawah untuk makan apa yang mana berada di dasar kandangnya. sejauh proses bertelur sampai menetas bagusnya burung jangan sampai sering terusik baik oleh kita atau binatang lainnya sampai telur betul-betul menetas.

setelah telur menetas karena itu pakan untuk indukan perlu ditambahkan seperti cacing atau kroto. beberapa penangkar lebih sukai meloloh piyikannya dengan manual dibandingkan diloloh oleh indukan dengan argument efektivitas biaya dari menambah pakan berupa kroto dan ef lainnya.

Langkah meloloh piyikan kacer

piyik bisa diberi makan berupa potongan perut dari jangkrik dan kroto beberapa 2-3 butir saja dan jatahnya dipertingkat setiap harinya 1-2 butir kroto. setelah berumur 5 hari atau hari ke-5 burung mulai diberi kroto / jangkrik yang direndam lebih dahulu dlm adonan voer yang dikombinasi air. setelah umur 6 hari bisa ditangani penempatan ring, setelah umur 8-9 hari biasanya bulu-bulu bulu burung mulai mekar dan bisa bertambah pada umur 15-16 hari, pada umur itu burung perlu sering diloloh karena pada usia itu burung mulai sering aktif bergerak, setelah umur 25 hari lolohan perlu jadi sering ditangani dan burung dapat mulai terbang rendah dalam jarak yang dekat. kemudian bisa dilatih makan voer sendiri.

Berapakah harga burung kacer

Daftar Harga Burung Kacer Terkini

NO. JENIS KACER HARGA
1. Kacer Jawa Masih Bakalan 450.000
2. Kacer Jawa Telah Jadi 1.200.000
3. Kacer Akan Ternakan (Jantan) 450.000
4. Kacer Betina Muda 250.000
5. Kacer Betina 1 Tahun 300.000
6. Kacer Betina Siap Kawin 350.000
7. Kacer Putih Rimba Akan (Jantan) 400.000
8. Kacer Putih Akan Telah Makan Voer (Jantan) 550.000
9. Kacer Putih Ngeplong dan Ngeriwik 650.000
10. Kacer Putih Telah Gacor 850.000
11. Kacer Putih Kelas Lomba 1.100.000
12. Kacer Hitam Masih Bakalan 450.000
13. Kacer Hitam Ngoceh 700.000
14. Kacer Poci Masih Bakalan 350.000
15. Kacer Poci Telah Jadi 1.000.000
16. Kacer Poci Trotolan 120.000

Apa kelebihan burung kacer?

Ciri-ciri yang paling mencolok dari burung ini ialah, kicauannya selalu bersuara ria dan suka tirukan suara burung lain. Kacer akan berkicau kapan saja, tidak perduli malam atau siang, dalam semua cuaca. Perawatan kacer hampir sama dengan burung lainnya.

Penutup

Demikian Ulasan Mengenai Sekilas Tentang Burung Kacer Yang Tersebar di Indonesia, Mudah-Mudahan Bisa berguna buat Teman-Teman Semua. Terimakasi.