Kemiskinan Mempengaruhi Kesehatan Mental?

Posted on

kangdarus.com – Kemiskinan Mempengaruhi Kesehatan Mental?

Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Jika Anda berada dalam kesehatan mental yang baik, tubuh Anda dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, kesehatan mental yang optimal dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Ada sejumlah faktor yang dapat mengganggu keadaan kesehatan mental, mulai dari keadaan lingkungan hingga keadaan ekonomi. Padahal, ada beberapa dampak kemiskinan terhadap kesehatan mental. Baca lebih lanjut di sini tentang hubungan antara kemiskinan dan kesehatan mental!

Hubungan antara kemiskinan dan kesehatan mental

Menurut Badan Pusat Statistik, persentase penduduk miskin pada September 2020 sebesar 10,9 persen, meningkat 0,41 persen dibandingkan Maret 2020.

Pandemi COVID-19 yang terjadi menjadi salah satu penyebab meningkatnya angka kemiskinan di Indonesia saat itu. Tentunya harus dikelola dengan baik agar perekonomian kembali berkembang.

Selain mempengaruhi keadaan, kemiskinan juga berdampak langsung pada masyarakat. Tidak hanya sulit untuk memenuhi kebutuhan, kemiskinan juga sering disertai dengan masalah psikologis.

Dengan diluncurkannya Desa Pemulihan, seseorang yang menderita kemiskinan memiliki risiko dua kali lipat mengalami depresi dibandingkan mereka yang tidak memiliki masalah ekonomi. Kemiskinan dapat membahayakan kesehatan fisik dan mental.

Tidak sedikit masyarakat yang mengalami masalah ekonomi harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kondisi ini dapat menyebabkan stres mental sehingga orang tersebut mengalami stres. Tingkat stres yang tidak dikelola dengan baik dapat menyebabkan depresi, yang dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

Bahkan, sebuah studi tahun 2013 di jurnal Science menulis bahwa kemiskinan dapat mempengaruhi kemampuan berpikir seseorang. Ini termasuk keterampilan pengambilan keputusan yang lebih buruk. Penelitian ini menemukan kaitan dengan kemiskinan yang mempengaruhi kualitas IQ seseorang.

See also  Update Link 111.90.150.204 Video Bokeh Viral Terbaru Tanpa Sensor Indonesia 18++

Mengurangi risiko gangguan kesehatan mental

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko masalah kesehatan mental jika Anda sedang berjuang secara finansial, seperti:

  • Beritahu kerabat dekat atau keluarga tentang masalah yang Anda hadapi. Tetap aktif dengan melakukan berbagai aktivitas.
  • Buat jadwal rutin olahraga ringan setiap hari.
  • Memperluas koneksi Anda dengan kelompok yang berbeda untuk membantu Anda dengan masalah tangan.
  • Lakukan hal-hal baik.
  • Mulailah mencintai diri sendiri dengan mengenal diri sendiri lebih dalam untuk menemukan potensi yang dimilikinya.

Ini adalah beberapa cara sederhana untuk mengurangi risiko masalah kesehatan mental.