Pengertian ATM: Fungsi, Jenis, hingga Cara Menggunakannya dengan Aman

Posted on

kangdarus.com – Pengertian ATM: Fungsi, Jenis, hingga Cara Menggunakannya dengan Aman,Pada prinsipnya ATM dapat dipahami sebagai mesin yang fungsinya dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan nasabah yang berkaitan dengan simpanan bank, seperti saldo simpanan nasabah dalam transaksi keuangan dengan menggunakan sistem terprogram.

Sedangkan ATM adalah mesin anjungan tunai mandiri atau automatic teller machine. Secara harfiah pengertian ATM adalah mesin kasir yang dapat beroperasi secara otomatis sesuai dengan sistem yang telah diprogramkan.

Tercatat dalam bahasa Indonesia, ATM ini sebagai ATM dapat diterjemahkan menjadi ATM. ATM sendiri dapat dianggap sebagai mesin elektronik yang bekerja secara efisien tanpa memerlukan tambahan tenaga manusia. Nah artikel kali ini akan membahas secara detail pengertian dan panjang dari ATM. Tidak hanya itu, ada juga fitur dan kelas ATM yang perlu Anda ketahui. begitu

A. Pengertian ATM

ATM pertama kali dirancang oleh Docutel, Wakil Presiden Perencanaan Produk, Don Wetzel. ATM pertama berhasil diproduksi pada tahun 1968. Hingga tahun 1973, ATM prototipe akhirnya didaftarkan ke Kantor Paten untuk mendapatkan paten.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, ATM dapat diterjemahkan sebagai mesin belanja otomatis milik bank dengan menggunakan teknik tertentu, seperti menekan tombol dengan nomor setoran, menekan angka (kode) sesuai petunjuk.

Padahal, menurut Otoritas Jasa Keuangan, ATM dapat dipahami sebagai mesin dengan sistem komputer yang diaktifkan oleh kartu magnetik bank dengan kode atau kata sandi. Dengan mesin ini, nasabah dapat melakukan banyak hal seperti menyimpan uang, menarik uang, mentransfer uang antar rekening dan melakukan transaksi rutin.

Masih dari Otoritas Jasa Keuangan, ATM atau ATM sendiri dipasang secara nasional maupun internasional. Hal ini memudahkan nasabah untuk mendapatkan uang dari ATM di tempat yang berbeda. Nasabah hanya perlu memiliki kode atau password dari ATM dan menggunakannya yang dikeluarkan oleh bank dan nomor identitas nasabah.

Oleh karena itu, singkatnya ATM adalah mesin yang dapat Anda gunakan untuk menarik uang atau saldo di mana saja selama ada mesin penjual otomatis di jaringan perbankan. Dari mesin-mesin yang beroperasi dalam waktu 24 jam, tentu saja ATM merupakan salah satu mesin yang akan sangat memudahkan masyarakat untuk menarik uang atau saldo.

ATM berarti Anda tidak perlu pergi ke bank sentral untuk mendapatkan uang yang Anda butuhkan. Melalui sistem komputer ini, kamu hanya perlu memasukan kartu debit untuk kemudian menentukan nominal yang ingin kamu ambil dan uang pun bisa diambil secara langsung. Selain bisa digunakan untuk mengambil uang, ATM bisa digunakan untuk mentransfer uang jika kamu membeli sesuatu hingga mengisi pulsa.

See also  Pengertian Mengenai Ciri, Dan Jenis Dongeng Beserta Contohnya Terlengkap

B. Fungsi ATM

Fungsi paling utama dari ATM tentu saja adalah untuk menjadikan seorang nasabah dapat lebih mudah dan menghindari segala kesulitan pada saat melakukan transaksi atau membutuhkan cash. Tidak hanya itu, ATM juga bisa menjadikan kamu tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak yang bisa jadi memunculkan adanya tindak kejahatan. Jika Anda membutuhkan uang, sebaiknya Anda hanya membawa uang tunai ke ATM terdekat saat Anda membutuhkannya.

Penarikan uang 24 jam
Kita semua tahu bahwa ATM dapat beroperasi 24 jam sehari. Artinya, Anda dapat menarik uang kapan saja, selama ATM tidak terganggu atau rusak. Namun, banyak ATM yang didirikan di toko-toko, dari Indomaret, Alfamart dan lain-lain. ATM toko dapat digunakan secara otomatis sesuai dengan ketentuan pembukaan dan penutupan toko.

 Pengertian ATM: Fungsi, Jenis, hingga Cara Menggunakannya dengan AmanSetor uang ke Rekening Tabungan

Anda yang ingin menabung karena tidak suka menabung dan takut kehabisan uang kini bisa menggunakan ATM untuk menyetor uang ke rekening tabungannya. Hingga saat ini, tidak semua ATM memiliki opsi untuk menyetor uang tunai. Namun yang pasti, ke depan semua ATM bisa menyediakan layanan simpanan. Tentunya layanan deposit ini jauh lebih simpel dan menghemat waktu dibandingkan dengan deposit uang melalui counter bank.

3. Transfer mudah
Untuk membuat layanan setor tunai, ATM sering digunakan untuk transfer antar bank selain antar bank. Selain itu, sejak munculnya layanan jual beli online, banyak orang lebih memilih menggunakan ATM untuk mentransfer uang ketika mereka membeli sesuatu secara online. Apalagi belanja online membutuhkan transaksi tanpa harus bertatap muka. Nah, dalam hal ini, transaksi online melalui ATM menjadi salah satu cara yang biasa digunakan untuk melakukan pembayaran.

4. Membayar tagihan rutin
Selain untuk menarik uang, setor tunai, hingga transfer, anjungan tunai mandiri sudah bisa digunakan untuk melakukan pembayaran terhadap berbagai jenis tagihan. Beberapa tagihan yang bisa dibayar melalui ATM, yaitu seperti air, listrik, internet, dan lain sebagainya. Cara membayar tagihan rutin tersebut pun cukup sederhana, kamu tinggal datang ke ATM terdekat. Kemudian Anda bisa memilih varian PAM untuk air, PLN untuk listrik, internet atau biaya lainnya. Setelah selesai, Anda harus melanjutkan dengan pilihan dan klik untuk menyelesaikan transaksi penagihan.

C. Jenis ATM

Setiap bank harus selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh nasabah. Salah satu cara untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan sekaligus menghindari antrian yang panjang, bank menawarkan sistem dan varian ATM yang lengkap dalam banyak varian.

See also  Terbaru Spesifikasi dan Harga Oppo Find X5 Pro New 2022

1. Tarik tunai dari ATM
Jenis ATM yang pertama adalah mesin tarik tunai. ATM ini dapat dipahami sebagai salah satu jenis ATM yang sering kita jumpai dan juga dengan jumlah bank terbesar yang ditawarkan di beberapa daerah. Seperti namanya, tarik tunai dari ATM terutama disediakan untuk menangani transaksi tunai, seperti tarik tunai.

2. ATM tanpa uang tunai
Jenis ATM yang kedua adalah ATM cashless. ATM cashless sendiri dapat diartikan sebagai jenis ATM yang tidak dapat digunakan untuk melakukan transaksi tunai, seperti penarikan uang. Namun, jenis ATM ini khusus disediakan untuk transaksi perbankan non tunai, seperti transfer uang, pembayaran rekening dan lain sebagainya. Jadi sebelum menarik uang, Anda harus tahu dulu jenis ATMnya.

3. setoran tunai ATM
Jenis ATM yang ketiga adalah ATM. Jenis ATM ini bisa juga disebut ATM (CDM) atau dalam bahasa Indonesia disebut ATM. Artinya dengan menggunakan ATM ini sebagai nasabah bank, Anda tidak perlu lagi membayar di loket jika ingin menyetorkan uang ke bank. Setoran tunai ATM sendiri biasanya menerima setoran tunai dengan nilai nominal yang diterima minimal Rp 50.000, yang berarti nilai nominal Rp 100.000 dapat diterima.

4. ATM all-in-one
Jenis ATM keempat ini mungkin yang terburuk yang kita hadapi. Namun, jenis ATM ini dapat menjadi ATM standar di masa depan. Dengan ATM serbaguna atau sering disebut multifungsi, Anda bisa melakukan transaksi perbankan untuk segala keperluan, mulai dari tarik tunai, transfer antar bank, transfer antar bank, pembayaran, informasi saldo, kenaikan pulsa, informasi kurs, pembelian, ganti pin. ., dan pendaftaran.

D. Cara menggunakan ATM dengan aman
Padahal ATM sangat praktis dan mempermudah aktivitas nasabah bank. Namun, ada kemungkinan orang yang tidak bertanggung jawab dapat menipu mesin ini. Dengan berbagai trik yang mereka gunakan, Anda bisa menjadi salah satu korban dari trik curang tersebut. Selama ini banyak kasus kriminal yang melibatkan ATM. Oleh karena itu kita harus selalu waspada dalam bertransaksi di ATM

Gunakan ATM dengan petugas keamanan

Pertama, melakukan transaksi di ATM yang jaraknya relatif dekat dengan bank. Ini tentu saja merupakan cara untuk menghindari risiko kejahatan. Oleh karena itu, setiap bank memiliki petugas keamanan yang menjaga area perbankan 24 jam sehari. Kehadiran petugas keamanan secara signifikan dapat mengurangi potensi kejahatan.

Anda juga dapat memilih untuk menarik uang dari ATM di supermarket atau toko serba ada. Hal ini dapat mengurangi potensi kejahatan karena Anda berada di banyak orang. Selalu berusaha untuk berhati-hati saat menarik uang dari ATM yang ditinggalkan.

See also  Berikut Penjelasan Lowongan Kerja

2. Lindungi PIN
Jika Anda ingin menarik uang dari ATM, yang harus Anda lakukan adalah selalu menutupi plat nomor saat memasukkan PIN Anda. Dengan kedua tangan, Anda dapat mencegah siapa pun melihat PIN penyimpanan Anda. Jika seseorang mengaku sebagai petugas bank dan meminta PIN, itu mungkin penipuan. Jadi jangan terburu-buru dengan percaya diri dan jangan berikan PIN Anda kepada orang yang tidak mempercayai Anda.

Kartu Skimmer

Kartu skimmer bisa diartikan sebagai alat yang ditambahkan ke ATM untuk mendapatkan informasi pribadi, mulai dari nomor PIN hingga saldo. Kartu skimmer itu sendiri biasanya terletak di samping mesin atau lebih disukai di atas slot kartu resmi. Sekarang yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan transaksi adalah cek ATM terlebih dahulu. Mungkin ada beberapa tanda yang meragukan, seperti kata “keluarkan kartu di sini” atau “pembersih kartu”.

4. Hemat uang dan kartu segera
Setelah menyelesaikan transaksi, Anda diharapkan untuk segera menyetorkan kartu ATM dan uang Anda ke dompet Anda atau lokasi lain yang aman. Kemudian, sebelum meninggalkan mesin ATM, Anda harus memastikan bahwa uang dan kartu ATM tidak terlihat sebelum meninggalkan pintu.

5. Cari tahu nomor call center bank
Jika ada masalah dengan ATM yang Anda gunakan, hal pertama yang akan Anda lakukan adalah menghubungi call center bank. Nomor call center bank sendiri biasanya tertera di ATM dan bisa dihubungi kapan saja. Jika ada masalah dengan transaksi ATM Anda, kami tidak menyarankan untuk mempercayai siapa pun yang bukan perwakilan bank.

6. Undang teman
Salah satu hal penting jika Anda ingin menarik uang dalam jumlah besar melalui ATM adalah dengan mengundang teman. Dengan mengajak teman untuk pergi bersama Anda, Anda akan lebih aman daripada menjadi satu-satunya yang membawa uang.

Demikian pembahasan mengenai panjangnya ATM, seperti konsepnya, fungsi dan beberapa jenis ATM yang umum digunakan. ATM sendiri memberikan banyak manfaat bagi masyarakat saat melakukan transaksi. Sekarang kita bisa menggunakan berbagai fungsi ATM dimana saja, baik itu belanja maupun tempat hiburan lainnya. Ini bisa berguna.