Pengertian Jaringan Komputer Skala Dunia Atau Global

Posted on

KD – Pengrtian Jaringan Komputer Skala Dunia Atau Global,Global Area Network adalah WAN besar dan diimplementasikan secara global dan global. Jaringan ini juga bisa disebut internet karena dapat menghubungkan komputer di seluruh dunia. Jaringan total terdiri dari sejumlah besar subnet dengan sebagian besar koneksi antar jaringan menggunakan jaringan nirkabel. Untuk menghubungkannya, dibangun jaringan kabel fiberglass, yang menghubungkan satu benua dengan benua lain, kabel fiberglass dibangun di dasar laut.

Saat ini, penggunaan Internet tersebar luas di hampir setiap sudut dunia. Bahkan, di Indonesia sendiri pengguna internet aktif mengalami peningkatan yang signifikan. Salah satu fungsi dari internet itu sendiri adalah untuk menghubungkan jaringan komputer yang satu dengan yang lainnya.

Pada artikel kali ini kita akan membahas apa itu jaringan komputer, jenis-jenisnya, dan manfaatnya. Sebenarnya istilah tersebut sering kita dengar dan tentunya sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Dunia sebagai jaringan komputer global

Pengertian Jaringan Komputer Skala Dunia Atau GlobalMemahami jaringan komputer
Sebelum kita masuk ke gambaran umum tentang apa saja jenis dan jenis perangkat jaringan komputer, terlebih dahulu kita harus mengetahui pengertiannya. Jaringan komputer adalah dua atau lebih perangkat komputer yang saling berhubungan atau saling berhubungan dan digunakan untuk sumber data yang berbeda.

Setiap titik akhir pada jaringan memiliki pengidentifikasi, sering disebut alamat IP atau alamat media kontrol akses. Titik akhir dapat mencakup server, komputer, telepon, dan perangkat keras jaringan lainnya. Jaringan komputer (Jarkom) dapat dibuat dengan menggunakan kombinasi teknologi kabel dan nirkabel.

Jaringan dapat bersifat pribadi atau publik. Saat menggunakan jaringan pribadi, biasanya memerlukan akses pengguna untuk memasukkan kredensial berupa kata sandi yang dimasukkan secara manual oleh administrator atau diperoleh langsung oleh pengguna. Jangan membatasi akses untuk digunakan di jaringan publik seperti Internet.

Sejarah jaringan komputer

Sejarah dimulai untuk pertama kalinya dengan ide menggunakan komputer bersama-sama. Proyek ini dipimpin oleh tim peneliti di kampus Harvard di Bell Laboratories yang dipimpin oleh Howard Aiken.

Pada tahun 1950, ketika superkomputer berhasil ditemukan, mekanisme TSS (Time Share System) ditemukan di sana. Kejadian ini merupakan salah satu sejarah penting dimana jaringan komputer pertama kali diimplementasikan.

Seiring berjalannya waktu, Transmission Control Protocol (TCP) berhasil ditemukan pada tahun 1982. Selain itu, Domain Name System (DNS) ditemukan pada tahun 1984. Dan peristiwa yang paling menonjol terjadi pada tahun 1990, ketika tim Berners Lee meluncurkan program World Wide Sites (WWW). Dan pada tahun-tahun berikutnya, jaringan komputer mengalami perubahan tercepat. Jenis jaringan komputer
Setelah membaca penjelasan singkat tentang konsep dan sejarah jaringan komputer, kita akan membahas banyak hal yang berkaitan dengan jenis-jenis jaringan komputer.

1. PAN (Personal Area Network)

Jenis jaringan ini mencakup area kecil, seperti kantor dan rumah. Mereka biasanya digunakan hanya untuk keperluan Internet dan printer. Dan itu tidak membutuhkan sumber daya yang besar untuk menyebarkan PAN.

2. LAN (jaringan area lokal)

Peran LAN adalah untuk menghubungkan perangkat jaringan dengan keberhasilan yang relatif kecil. Contoh implementasi LAN adalah mekanisme jaringan sekolah, kantor, atau rumah.

See also  Tips Cara Memasukkan Gambar Pada Microsoft Word

Beberapa orang cenderung menggunakan koneksi tertentu, terutama token ring dan ethernet. Selain itu, LAN menawarkan teknologi jaringan nirkabel dengan WiFi dan lebih dikenal dengan WLAN (Wireless Local Place Network).

3. CAN (Jaringan Area Kampus)

Jaringan CAN tampaknya mirip dengan jaringan MAN, tetapi dalam cakupan universitas lebih terbatas daripada cakupan akademik. Ini digunakan untuk jaringan ini terutama untuk praktik laboratorium, email, peningkatan kelas, dll.

4. TAWO (Jaringan Area Metropolitan)

MAN adalah jaringan yang menghubungkan perangkat komputer dengan fasilitas lain dalam cakupan area kota pada jaringan yang sama. Jenis jaringan ini lebih besar dari LAN.

5. WAN (Jaringan Area Luas)

WAN sebagai sekelompok LAN diperluas secara geografis. WAN cenderung menggunakan teknologi seperti ATM, X.25 dan Frame Relay untuk menghubungkan jarak yang lebih jauh.

6. Internet

Internet adalah jaringan komputer terbesar yang pernah dibuat orang. Jangkauan Internet mencakup hampir setiap sudut dunia. Siapa pun dapat terhubung ke berbagai sumber informasi di berbagai perangkat komputer seperti komputer, ponsel, netbook, tablet, TV, dan lainnya.

VPN (jaringan pribadi virtual)

VPN sebagai cara untuk memastikan akses Internet yang lebih aman. VPN dapat membuat saluran aman untuk tujuan transfer data. Banyak pangkalan saat ini menjual VPN gratis atau menyediakan akses premium.

Jaringan komputer berdasarkan jenis transmisi
Karena bentuknya yang esensial, jaringan komputer dibagi menjadi dua kelas, jarak jauh dan transmisi. Berikut adalah dua jenis kategorisasi jaringan komputer berdasarkan transmisinya.

1. Sibya
Jaringan penyiaran adalah aliran komunikasi yang digunakan secara bersamaan oleh beberapa perangkat (device) yang keduanya terhubung ke jaringan yang sama. Paket atau pesan berukuran kecil yang dikirim dari satu komputer ke komputer lain.

Bidang alamat berisi informasi tentang kepada siapa paket dikirim. Jika paket itu ditujukan kepadanya, segera proses. Jika paket dikirim ke komputer lain, mesin akan secara otomatis mengabaikannya.

2. Poin ke poin
Tipe kedua adalah jaringan point-to-point yang terdiri dari beberapa pasang jaringan pribadi dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Agar sebuah paket dapat dikirim ke sebuah alamat, paket tersebut harus melalui beberapa mesin perantara.

Jadi selalu berjalan beberapa rute pada jarak yang berbeda. Oleh karena itu, algoritma routing memainkan peran utama dalam jaringan ini.

Topologi jaringan komputer

Pada ulasan kali ini, kami akan menceritakan tentang banyak sekali topologi jaringan komputer yang ada dan digunakan dalam berbagai aktivitas manusia.

1. Bis
Topologi bus adalah topologi kabel yang menghubungkan setiap workstation dan server. Kelebihan dari topologi bus sendiri adalah mengupgrade jaringan dan workstation baru, tetapi tidak mengganggu workstation lain. Kelemahannya adalah jika kabel rusak atau putus maka akan menimbulkan masalah di seluruh jaringan.

2. Seng Seng)
Topologi melingkar adalah topologi yang terjadi ketika semua perangkat terhubung sehingga menyerupai pola lingkaran atau lingkaran. Dengan demikian, setiap workstation dapat menerima informasi dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Keuntungan dari topologi sirkular adalah tidak ada tabrakan atau tubrukan antar data. Dan kelemahan dari topologi ini adalah jika salah satu node bermasalah maka seluruh jaringan akan bermasalah.

3. bintang (bintang)
Topologi star adalah topologi di mana setiap workstation memiliki bar yang terhubung langsung melalui server atau hub. Kelebihan topologi ini adalah jika salah satu workstation mengalami masalah, tidak semua jaringan akan mengalami hal yang sama.

See also  Ayo Belajar Budaya Politik, Dan Ketahuilah Maanfaatnya

Karena setiap workstation memiliki pekerjaan atau kabelnya sendiri. Kekurangan dari topologi star adalah membutuhkan biaya yang tinggi karena membutuhkan resource kabel yang banyak.

4. kayu (kayu)
Topologi tree merupakan gabungan dari topologi star dan bus. Topologi jaringan ini seperti bentuk akar pohon, yang hanya bisa disebut perangkat hub yang terhubung langsung ke bus pohon. Dan setiap muatan berfungsi sebagai akar pohon.

Kelebihan dan kekurangan topologi tree sama dengan topologi bus dan star. Namun, menggunakan jaringan pohon (hibrida) ini memberikan dukungan yang lebih baik untuk perluasan jaringan.

5. Dewasa
Topologi Mesh sering digunakan ketika situasi muncul di mana hubungan komunikasi antara node dalam jaringan komputer tidak sepenuhnya terputus. Mereka terhubung langsung antar perangkat jika mereka masih berada di jaringan yang sama.

Keuntungan dari topologi mesh adalah komunikasi antar komputer dapat lebih cepat dan keamanan dapat lebih terjaga. Kerugian dari topologi mesh adalah membutuhkan biaya pembelian kabel yang lebih tinggi.

Jenis peralatan jaringan komputer

Banyak jenis perangkat jaringan komputer telah dikembangkan saat ini untuk membantu dan meningkatkan kinerja mekanisme jaringan. Berikut adalah beberapa jenis alat yang akan sering Anda temui dan gunakan.

server
Server berperan sebagai tempat media penyimpanan informasi dan pengelolaan jaringan komputer. Server memiliki lebih banyak detail daripada klien. Karena arah server adalah melayani komputer client.

2. NIC (kartu antarmuka jaringan)
Kartu jaringan dapat disebut papan ekspansi kartu LAN, yang digunakan untuk memungkinkan komputer terhubung ke jaringan. Ethernet terdiri dari empat jenis yaitu Ethernet (10 Mbit/s), High Speed ​​Ethernet (100 Mbit/s), Linked Ethernet (1000 Mbit/s) dan High (10000 Mbit/s).

3. Kabel jaringan
Kabel sebagai media untuk menghubungkan satu perangkat dengan perangkat lainnya. Ada banyak jenis kabel untuk terhubung ke jaringan. Salah satunya adalah kabel koaksial, fiberglass dan twisted pair.

4. Hub dan sakelar
Transmisi sebagai perangkat jaringan komputer yang fungsinya untuk menghubungkan beberapa komputer. Secara fisik, bentuk sakelar mirip dengan hub, tetapi jika dilihat dari sudut pandang logis, sakelar mirip dengan jembatan.

Ada dua jenis sakelar, yaitu sakelar tidak terkelola yang merupakan jenis yang paling banyak tersedia. Dan sakelar yang dikendalikan disebut jenis yang paling mahal.

5. Router
Router adalah perangkat jaringan yang tujuannya adalah untuk menghubungkan LAN ke WAN dan mengontrol lalu lintas datanya. Router mampu menentukan jalur terbaik karena memiliki tabel routing untuk mengumpulkan data di semua alamat jaringan.

6. Jembatan
Bridge adalah alat yang digunakan untuk menjaga lalu lintas antar fragmen jaringan berdasarkan informasi tautan data. Bridge mempunyai peranan untuk membagikan jaringan yang besar jadi beberapa jaringan kecil.

7. Modem
Modem sebagai piranti yang dipakai untuk menyambungkan di antara piranti komputer, dengan penyuplai service internet atau disebut dengan Internet Servis Provider (ISP).

8. Repeater
Repeater ialah satu piranti yang berperan untuk perkuat dan regenerasi jaringan dan signal yang masuk. Repeater usaha untuk menjaga kredibilitas dari signal jaringan. Kekurangan dari repeater sendiri ialah tidak bisa lakukan filter trafik dalam jaringan.

9. Wireless card
Wireless card sebagai piranti yang harus dipakai jika anda ingin tersambung dalam jaringan nirkabel. Rata – rata komputer tipe terkini telah memakai piranti yang memberikan dukungan wireless card. Namun, Anda dapat menambahkannya ke komputer Anda sendiri.

See also  Berikut Pengertian Bandwidth: Contoh,Tips & Jenis,Mengoptimalkannya

Kelebihan jaringan komputer

Berikut beberapa manfaat jaringan komputer dalam kehidupan sehari-hari.

– Untuk berbagi dokumen
Keuntungan pertama digunakan sebagai media untuk berbagi dokumen yang Anda miliki dengan perangkat komputasi lain di Internet. Anda dapat berbagi dokumen menggunakan kabel data atau nirkabel.

– Menjaga dan mengelola keamanan data
Data bisa lebih baik karena lebih terkonsentrasi. Selain itu, jaringan juga berguna untuk memudahkan administrator dalam melakukan pengelolaan data bisnis yang diperlukan. Dengan server bersama, setiap karyawan dapat mengambil data dengan cepat dan efisien.

– Mudahkan untuk berbicara
Jaringan komputer juga memfasilitasi komunikasi yang cepat dan aman antara tim atau orang lain dari wilayah geografis yang berbeda. Dengan menjadi akurat, ini membantu untuk menangani masalah apa pun yang mungkin timbul dalam bisnis.

– Transmisi informasi langsung
Dengan kontribusi jarcoma, proses penyampaian informasi menjadi lebih cepat tanpa batasan ruang dan waktu. Anda dapat membaca informasi apa pun dari berbagai belahan dunia.

– Membantu aktivitas manusia
Dan manfaat utama dari jaringan komputer adalah membantu membuat setiap aktivitas manusia menjadi lebih efisien dan efektif. Karena ada jaringan yang bagus, aktivitas apapun, baik di kantor maupun di luar kantor, bisa terkoneksi dengan baik.

Pengaruh negatif
Selain manfaat memiliki jaringan komputer, banyak hal yang memiliki dampak negatif, yang akan kami jelaskan di bawah ini.

1. Biaya jaringan
Untuk menggunakan jaringan dengan benar, Anda harus siap untuk segala kebutuhan, mulai dari perangkat lunak, perangkat keras, dan berinvestasi dalam rencana desain jaringan.

2. Biaya administrasi dan pemeliharaan
Penting untuk diingat tim ahli TI dari waktu ke waktu untuk mengelola dan memelihara jaringan Anda. Oleh karena itu, kurangi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak terduga, seperti kerusakan software atau hardware.

3. Aktivitas berbagi tak terduga
Efek negatif ketiga, karena ada jaringan jalan raya yang tidak terkontrol dengan baik, karena meningkatkan risiko mengekspos dokumen (file) bersama ke virus atau spam komputer.

4. Kekhawatiran tentang keamanan jaringan (network security)
Dengan kemudahan proses komunikasi yang dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja secara real time, risiko masalah lebih lanjut tentu akan meningkat.
Ini termasuk penyebaran konten ilegal, pencurian data dan masalah keamanan informasi lainnya.

ringkasan

Jaringan komputer adalah dua atau lebih perangkat komputer yang terhubung untuk berbagi data dan informasi. Jenis jaringan komputer dibagi menjadi PAN, LAN, MAN, WAN, CAN, Internet dan VPN. Topologi yang digunakan adalah bus, ring, star, wood dan wire mesh.

Keuntungan khususnya adalah mempercepat tugas manusia dan memfasilitasi proses transfer informasi dan komunikasi yang lancar dan efisien.

Selain itu, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari menggunakan jaringan komputer, dan penggunaannya memiliki banyak efek negatif. Salah satu contoh nyata adalah praktik mencuri data dengan biaya perawatan yang tinggi.