Ternyata Kapolres Malang Tak Perintahkan Tembak Gas Air Mata

Posted on

kangdarus.com – Ternyata Kapolres Malang Tak Perintahkan Tembak Gas Air Mata

Kapolres Malang tidak memerintahkan penembakan gas air mata untuk membubarkan kerusuhan penonton sepak bola di pertandingan Kanjuruhan di Malang.

Kompol Albertus Wahyurudhanto mengatakan, tidak ada perintah langsung dari Kapolres Malang untuk menghentikan AKBP Ferli Hidayat menembakkan gas air mata pada pertandingan Kanjuruhan tersebut. Kompolnas langsung mendukung Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat menggunakan gas air mata untuk membubarkan massa.

“Tidak ada perintah dari Kapolres untuk membubarkan massa dengan menggunakan gas air mata berlebihan,” kata dia, mengutip laporan Antara. Dikatakannya, Pj Kapolres Malang, AKBP Ferli Hidayat, menjalankan tugasnya secara sistematis yang sudah sesuai dengan harapan.

Artinya, dengan memberikan instruksi khusus kepada para karyawan saat apel sebelum pertandingan. Menurut Wahyu, Kapolres Malang sudah menskors AKBP Ferli Hidayat sebelum pertandingan Arema FC melawan Persebaya Surabaya.

“Apel itu diberi resep lima jam sebelumnya. Jadi kami benar-benar memastikan bahwa tindakan telah diambil, dari internal kepolisian, Kapolres memastikan proses ini telah dilakukan,” kata Wahyu.

Selain tidak memerintahkan gas air mata untuk membubarkan massa, Kapolres AKBP Malang Ferli Hidayat juga gagal menutup dan memblokir pintu keluar Stadion Kanjuruhan.

“Kami sudah konfirmasi dengan Kapolres bahwa tidak ada perintah untuk menutup gerbang, jadi harapannya 15 menit (sebelum akhir pertandingan) akan dibuka. Tapi kami tidak tahu kenapa pintunya dikunci,” kata Wahyu.

Selain itu, Polres Malang juga menyiapkan dua unit kendaraan Barakuda Satgas Polda Jatim untuk tim kunjungan masuk atau keluar Stadion Kanjuruhan.

Kendaraan tersebut ditujukan untuk keselamatan para pemain dan ofisial Persebaya. “Tapi dalam latihan, Barracuda tidak bisa keluar karena penonton di luar terlalu besar. Kejadian pertama, mobil tidak bisa jalan dan kejadian kedua penuh di dalam,” katanya.

See also  10 Tips Ide Usaha Makanan Kekinian Yang Harus Kalian Wajib Coba