Tips Cara Jalankan Bisnis Bengkel Las

Posted on

KD – Ingin memulai bisnis bengkel las? Silahkan simak artikel berikut terlebih dahulu. Konsultasi bisnis, bagaimana mempromosikan bisnis, bagaimana mengembangkan.

Menjalankan bisnis laboratorium las saat ini dan memiliki prospek masa depan yang baik. Pasalnya, pembangunan gedung semakin meningkat. Sehingga masyarakat membutuhkan jasa las untuk membuat pagar, teralis, kanopi, dll.

Bisnis ini bisa dijalankan dari rumah untuk menambah penghasilan Anda. Namun, rumah Anda harus memiliki taman atau ruang terbuka yang cukup luas.

Tertarik menjalankan bengkel las? Jika demikian, Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang semua aspek bisnis ini di ulasan BukuWarung kami. Namun sebelumnya, Anda juga bisa menyimak tips mendirikan bengkel las dari Erus Rusdiana berikut ini.

Tips Cara Jalankan Bisnis Bengkel Las

Peluang Usaha Bengkel Las

 

Bengkel las identik dengan produk bangunan. Namun di luar itu, produk yang bisa dibuat lab ini jauh lebih beragam.

Ada banyak segmen yang bisa dijajaki dan menjadi referensi pasar bisnis bengkel las. Toko las dapat memproduksi produk-produk berikut:

  • Produk konstruksi (tangga besi, railing tangga, pagar, tralis, kanopi, dan lain sebagainya)
  • rangka kendaraan (sasis)
  • variasi mobil bak
  • wahana mainan anak outdoor (ayunan, jungkat-jungkit, dan lain-lain)
  • perabotan rumah tangga (lemari, tempat tidur, meja)

Produk-produk di atas membuktikan bahwa pabrik las dapat memasuki pasar yang lebih luas dibandingkan perusahaan lain. Semakin besar pangsa pasar, semakin besar kemungkinan operator ekonomi untuk berhasil.

Apalagi membuka bengkel las tidak membutuhkan modal yang besar. Juga, Anda sudah memiliki tempat untuk berbisnis, rumah Anda.

Anda bisa memulai usaha dengan membeli alat las listrik, gerinda, bor, pemotong kawat, kompresor dan genset dengan modal 1 rupiah. Selain modal kecil, Anda bisa mendapatkan banyak uang di bengkel las. Produk las sangat penting. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan jutaan dolar sebulan.

See also  Pengertian Coelentarata, Ciri, Habitat, Reproduksi, Klasifikasi, Cara Hidup Dan Peranan

Sukses dalam bisnis harus dimulai dengan kesiapan yang lengkap. Sebaiknya Anda memiliki rencana yang jelas sebelum Anda mulai mengelas.

Tips Sukses Bisnis Bengkel Las

Kesuksesan dalam sebuah perusahaan tidak datang dengan sendirinya. Anda perlu memulai proyek penyolderan yang sukses dengan mengikuti beberapa tip.

1. Produk

Poin pertama menyangkut produk yang Anda produksi. Untuk bisnis pengelasan yang sukses, Anda perlu menghasilkan produk berkualitas tinggi.

Pelanggan peduli tentang kualitas produk lebih dari apa pun. Khususnya untuk produk konstruksi yang berkaitan dengan keselamatan penggunanya.

Buat kesan yang baik pada pelanggan dengan menghasilkan produk berkualitas tinggi. Ada banyak pesaing di industri pengelasan.

Jangan sampai pelanggan pindah ke tempat lain karena tidak puas dengan produk yang Anda buat.

2. Harga Jual

Selain kualitas produk, harga jual juga berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha pengelasan. Masyarakat dan konsumen lebih memilih perusahaan jasa yang menawarkan harga murah.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan harga jual agar tidak terlalu mahal bagi pelanggan.

Untuk menentukan harga jual, Anda bisa melakukan survei terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk mengetahui harga rata-rata dari jasa las yang kami tawarkan kepada Anda. Setelah Anda mengumpulkan data yang cukup, Anda dapat menentukan harga jual. Berusaha keras untuk menawarkan harga jual yang lebih rendah dari pesaing Anda.

Misalkan ada selisih harga 5 sampai 10 ribu di bawah label pesaing.

Diyakini bahwa menetapkan harga yang lebih rendah akan meningkatkan penjualan. Namun meski dengan harga jual yang rendah, kualitas produk olahan tidak bisa dikesampingkan. Ini memerlukan saran manajemen keuangan usaha kecil, terutama jika Anda baru memulai bisnis.

3. Pelayanan

Jika Anda puas dengan layanan yang diberikan pelanggan Anda, bisnis Anda bisa sukses. Oleh karena itu, kita harus memberikan layanan pelanggan yang terbaik.

See also  Tips Cara Menyembunyikan Status Online WA Tanpa Aplikasi Mod –

Sapa pelanggan saat mereka datang ke tempat kerja Anda. Kami akan menghormati dan mengakomodasi keinginan pelanggan kami.

Anda juga perlu menjaga komunikasi yang baik dengan pelanggan Anda.

Pelanggan adalah kunci untuk menjalankan bisnis. Tanpa pelanggan, bisnis Anda tidak akan ada artinya.

4. Fasilitas

Instalasi wajib oleh layanan pengelasan dijamin. Garansi adalah jaminan yang diberikan kepada pelanggan jika terjadi kerusakan produk.

Pelanggan lebih percaya pada perusahaan las yang berani memberikan jaminan. Apalagi jika masa garansinya lebih lama.

Contoh pemberian jaminan kepada pelanggan adalah:

  • Pagar dan tangga : 2 bulan sejak barang diserahkan kepada konsumen.
  • Kanopi : 1 bulan sejak barang diserahkan kepada konsumen.
  • Tralis : 2 minggu setelah barang diserahkan kepada konsumen.

Anda dapat menyesuaikan durasi garansi sesuai dengan kondisi produk. Informasi di atas hanya untuk referensi.

5. Pemasaran

Poin terakhir adalah tentang pemasaran. Tujuan dari pemasaran atau periklanan adalah untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada masyarakat umum.

Teknologi informasi saat ini memberikan banyak manfaat bagi para pengusaha untuk mengembangkan usahanya.

Misalnya, kami menggunakan jejaring sosial seperti Facebook dan Instagram.

Iklan yang lebih besar menarik lebih banyak pelanggan. Anda harus rajin berpromosi. Tidak hanya di awal bisnis, tetapi kapan saja.

Kami dapat menawarkan berbagai diskon atau diskon untuk menarik pelanggan potensial.

Perhatikan juga jumlah pokok saat memberikan diskon agar tidak mengalami kerugian.

Cara Promosi Bisnis Bengkel Las

Penawaran bengkel las dapat dilakukan baik secara online maupun offline. Tentu, promosi online itu mudah, tetapi promosi offline jauh lebih efektif dalam akuisisi pelanggan.

Beberapa bentuk promosi online yang bisa Anda lakukan antara lain:

  • Promosi melalui posting, story, dan group chat di WhatsApp, Facebook, Instagram, Telegrm, dan Line.
  • Menjual jasa pengelasan melalui website marketplace seperti OLX.
  • Membuat blog atau website khusus untuk memajang portofolio serta iklan layanan jasa pengelasan. Anda bisa memakai wordpress atau blogspot. Belilah domain agar website Anda terlihat lebih profesional dan meyakinkan.
  • Memasang iklan di layanan berbayar seperti Google AdWord. Anda bisa mengaturnya sesuai dengan keyword dan juga lokasi usaha.
See also  Berikut Spesifikasi Serta Harga Hp Vivo Y33t Terbaru 2022

Sedangkan metode promosi offline yang bisa Anda terapkan adalah:

  • Memasang papan atau spanduk yang berisi nama bengkel di tempat usaha.
  • Pasang spanduk iklan di tempat yang strategis sehingga dapat dilihat banyak orang. Jangan lupa untuk membayar retribusi kepada pemerintah daerah.
  • Menyebarkan brosur atau pamflet.

Cara Mengembangkan Usaha Bengkel Las

Untuk memulai bisnis pengelasan, Anda perlu terus berinovasi dengan produk yang Anda buat. Jangan ragu untuk selalu mempelajari hal-hal baru terutama terkait perkembangan di industri pengelasan.

Perluas kontak Anda dengan berpartisipasi dalam berbagai pameran dagang atau acara yang diselenggarakan untuk operator di sektor bengkel las. Dapat berkolaborasi dengan toko lain untuk mengelola proyek tertentu. Selain menghasilkan, metode ini juga memungkinkan Anda membuat koneksi baru. Setelah bisnis Anda berdiri dan berjalan, investasikan keuntungan Anda untuk membeli peralatan baru.

Peralatan yang lebih baru dan lebih canggih menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Hal ini juga akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Perhatikan juga pemasukan dan pengeluaran perusahaan las Anda, terutama pembukuan kegiatan pengelasan Anda.

Anda dapat menggunakan rencana keuangan BukuWarung untuk ini; Program BukuWarung memudahkan untuk meringkas biaya bengkel las dan data penjualan. Anda dapat mengunduh aplikasi BukuWarung secara gratis dari Play Store.

Aktivitas bengkel las tidak boleh berkurang dalam waktu lama. Manfaatkan kesempatan ini untuk memulai bisnis Anda sendiri. Buat rencana terperinci untuk memastikan bisnis Anda berjalan dengan lancar.